NewsVtuberZatsudan
Trending

Nagoya VTuber Exhibition – Pameran yang memperkenalkan Vtuber, termasuk dari Indonesia

Pameran ini merupakan pameran VTuber pertama di Jepang yang mencakup sejarah dan ekologi VTuber. Diselenggarakan oleh Komite Eksekutif Pameran VTuber Nagoya yang dibentuk oleh Chukyo Television Broadcasting dan Parco. Sebelumnya Nagoya VTuber Exhibition meminta penggalangan dana mulai 27 Maret untuk mengamankan biaya operasional, dan berhasil mengumpulkan sekitar 18 juta yen untuk dukungan . Selain itu, media PANORA ini juga mengawasi pameran tersebut.

Menjadi sebuah tangangan bagi penyelengara karena sulit nya mengadakan event pameran nyata di saat wabah virus Corona melanda. Parco mengusulkan agar acara tersebut diadakan dengan tindakan maksimal terhadap infeksi, dengan tujuan memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan penggemar dan memberi tahu banyak orang tentang daya tarik, kesenangan, dan potensi VTubers.

Namun demikian, Prefektur Aichi telah berada dalam keadaan darurat sejak 12 Mei. Bahkan jika Anda ingin datang ke acara tersebut, tentu saja sulit bagi orang-orang dari luar prefektur untuk berpartisipasi. Oleh karena itu, PANORA mengambil semua tindakan yang mungkin untuk melawan virus dan memberikan laporan pameran untuk melaporkan situasi di sana kepada penunjung yang tidak bisa hadir. Mari kita mulai dengan laporannya.

Event yang akan membuat Anda bersemangat bahkan sebelum Anda masuk.

Pertama, ketika saya menuju pintu masuk Gedung Barat Nagoya Parco, tempat aula pameran berada. Di dekat pintu masuk melihat iklan pilar untuk Nagoya VTuber Exhibition. Iklan tersebut dipasang di lokasi yang mudah terlihat dari jalan utama. Dengan menampilkan 29 VTubers yang menjadi duta acara dan telah mendukung acara pameran ini.

Nagoya VTuber Exhibition
Iklan pilar di dekat pintu masuk Nagoya Parco Gedung Barat

Sebuah iklan pilar dengan menampilkan duta acara Nagoya VTuber Exhibition juga dipasang di pilar di sebelahnya. Ini diposting menggunakan salah satu pengembalian ke pendukung crowdfunding, “Hak untuk menempatkan duta besar yang ditunjuk di pilar toko Gedung Nagoya Parco Selatan selama 6 hari”. Itu adalah Inori Senno.

Nagoya VTuber Exhibition event
Iklan pilar menampilkan Inori Senno, Gedung Parco FSelatan
Nagoya VTuber Exhibition event
Iklan pilar menampilkan Irodori Mayoi, Gedung Parco Gedung Selatan

Di sisi lain, dua panel besar  VTuber Musubime Yui dan Kohanai Sii menyambut Anda di pintu masuk Gedung Barat. Panel berukuran sesuai dengan asli nya  yang menyambut Anda di pintu masuk Parco Gedung Barat dan Gedung Selatan. Diletakan oleh penggemar yang mendukung crowdfunding dengan “hak untuk memasang panel berukuran asli dari duta yang dinominasikan selama 6 hari.” Setiap pendukung telah menulis kata-kata pengantar tentang duta dari acara Nagoya VTuber Exhibition .

Panel Vtuber dimana-mana
Nagoya VTuber Exhibition musubime yui kohanai sii
Musubime Yui & Kohanai Sii

VTuber, yang mengunjungi pameran, meninggalkan tanda tangannya di panel seukuran aslinya. Selain itu, ada juga pola di mana VTuber sendiri mendukung “hak untuk menampilkan salah satu panel seukuran Anda di gedung Nagoya Parco selama seminggu”.

Nagoya VTuber Exhibition Irodori Mayoi hanagumi kuyuri
Panel Irodori Mayoi & Hanagumi kuyuri dengan tandat angan mereka

Lantai tujuh gedung selatan adalah tempat utama untuk pameran. Di sekitar tempat itu ada begitu banyak panel Vtuber duta dari Nagoya VTuber Exhibition. Karena terlalu banyak sehingga Anda tidak dapat mengambil gambar mereka sekaligus dalam satu foto.

Di sisi pintu masuk terdapat layar dIsplay menampilkan VTuber yang dikembangkan oleh Wasabi Music School Project. Otsuta Eru dan Kimino Miya memperkenalkan pameran dalam video di layar display.

Nagoya VTuber Exhibition
Layar display yang menampilkan Kimono Miya dari XR Entertainment

Layar display ini dikembangkan oleh Wasabi Music School Project. Telah digunakan dalam acara-acara seperti live solo pertama VTuber Muon Otonashi “Six Sound Infinity” pada 25 April. Dan acara konser live “Wasabizm – Real & Virtual on Stage -” yang diselenggarakan oleh Wasabi Music School Project. Kali ini dipajang dan diangkut  langsung dari Osaka digunakan di Nagoya VTuber Exhibition.

Di dalam Nagoya VTuber Exhibition

Pameran ini menggunakan sistem yang memungkinkan pengunjung memutar audio guide di smartphone mereka. Saat Anda membeli panduan audio di tempat tersebut, Anda akan menerima tiket dengan kode QR tercetak di atasnya. Dengan membaca kode QR ini, Anda dapat mendengarkan konten yang kaya di ponsel cerdas Anda saat melihat pameran.

Nagoya VTuber Exhibition event
Mendengarkan panduan audio di ponsel dengan memindai kode Q

Di sisi kanan pintu masuk, ada pajangan “buku ekologi VTuber”. Pameran menjelaskan semuanya mulai dari “Apa itu VTuber? Pameran menjelaskan kategori VTuber lokal dan VTuber idol, serta aktivitas VTuber, seperti bermain game dan live musik. Isinya juga sangat membantu bagi orang-orang yang ingin pelajari lebih lanjut tentang VTuber di Nagoya VTuber Exhibition.

Nagoya VTuber Exhibition event
Penjelasan apa itu Vtuber
Nagoya VTuber Exhibition event
Pengenalan talent vtuber lokal, vtuberidol, dan vtuber pria

Nagoya VTuber Exhibition eventPanel yang menjelaskan macam macam kegiatan Vtuber

Nagoya VTuber Exhibition event
Panel yang terkait dengan game yang populer dikalangan Vtuber

Ada 5 game yang menjdi game yang paling banyak di mainkan oleh vtuber. Apex Legend game FPS, ARK: Survival Evolve, Fall Guys. Mahjong Soul dan Minecraft. Kelima game ini sudah seperti menjadi standard setiap Vtuber untuk memainkannya, terutama Apex Legend dan Minecraft.

Vtuber selain dari Jepang
pameran vtuber indonesia
Perkenalan Vtuber diluar Jepang

Dalam Nagoya VTuber Exhibition juga diperkenalkan Vtuber selain dari Jepang. Diantaranya Vshojo, Vtuber yang lebih banyak aktif twitch bahkan salah satuny aktif di pornhub. Hololive EN, salah satu cabang Hololive untuk penonton berbhasa Inggris. Virtuareal atau bisa dikatakan Nijisanji cabang China. Nijisanji KR, cabang Nijianji untuk vtuber berbahasa Korea.

Dari Indonesia ada tiga grup yang di kenalkan. Hololive ID, cabang Hololive untuk Indonesia yang sudah mencapai 2 genrasi dengan 6 talent. Nijisani ID, cabang Nijisanji Indonesia yang telah mencapai 5 gelombang dengan 16 vtuber. MAHA5 agensi Vtuber asal Indonesia yang terbesar di Indonesia yang sedang melakukan audisi generasi ketiganya.

XR Entertainment

Di sisi kiri pintu masuk, ada bagian berjudul “XR Entertainment’s History” oleh XR Entertainment, menunjukkan peristiwa yang telah diadakan XR Entertainment hingga sekarang dalam urutan kronologis, termasuk debut KiminoMiya dan OtsutaEl. Pada tanggal 20 Juni 2021, kata “RAHASIA” dan siluet KiminoMiya digambar, menunjukkan bahwa akan ada semacam pengumuman tentang KiminoMiya pada hari itu.

pengenalan staf XR Entertainment
Penjelasn singkat sejarah XR Entertainment
Barang-barang terkait XR Entertainment dipajang di ruang belakang venue. Kostum Otsuta El-san dan Kimino Miya-san juga dipajang; cosplayer resmi Kareshi-chan, berpakaian seperti Otsuta El-san, dan alter ego-chan Kimino Miya-san pernah muncul di “Nagoya VTuber Festival” yang diadakan pada tahun 2019. Dalam pameran ini, kostum yang sebenarnya dikenakan pada saat itu dipajang , dan Kareshi-chan juga mengunjungi dan meninggalkan beberapa karya seni penggemar.

Timeline VTuber dengan partisipasi pengunjung

“Kronologi VTuber” adalah salah satu pameran terbesar di Nagoya VTuber Exhibition. Mencakup sejarah VTuber dari kelahiran Kizuna Ai pada 30 Juni 2016 hingga Mei 2021, dan dikompilasi dalam waktu singkat. Ini berisi sekitar 650 item, tetapi ini sebenarnya hanya sebagian kecil dari daftar. Karena keterbatasan ruang, informasi telah dipilih dari daftar yang direncanakan semula sekitar 2.500 item.

Oleh karena itu, dalam “kronologi VTuber”, penyelengarara telah menyiapkan sudut “kronologi semua orang”. Idenya adalah agar pengunjung menempelkan catatan tempel di panel pameran. Menggambarkan kejadian atau hal favorit mereka untuk membuat konten lebih menarik. “kronologi semua orang” diisi oleh banyak penggemar, tetapi beberapa di antaranya ditulis langsung oleh VTuber dan orang yang terlibat dalam VTuber.

Dari 2019 Anda dapat melihat bahwa ada banyak catatan tempel di bawah kronologi
Kronologi dari Mei 2021 Informasi telah diperbarui sejak pameran diadakan oleh penggemar sampai melewati batas panel

 


 

VTuber Kronologi paling kiri dari kronologi dimulai pada tahun 2016, tetapi …Jika diperhatikan lebih dekat, Anda bisa melihat nama VTuber yang aktif sebelum Kizuna AI di sticky note!

Kronologi VTuber seperti itu sempat menjadi sebuah topik hangat. Kisah tentang kelahiran putra Gwelu Os Gar disebutkan dalam item tentang Gwelu Os Gar, talent Vtuber milik Nijisanji. Gwelu menanggapi kejadian itu di Twitter dengan memfoto kronologi tersebut. Pada saat itu tweet tersebut tercatat mendapatkan 5.000 RT dan lebih dari 29.000 like.

Di seberang tabel kronologis, ada sudut yang menunjukkan peristiwa masa lalu dari live event XR Entertainment, “Pameran Khusus Kizuna AI” dan “Pameran Lukisan Otsuta Eru”. Dalam “Pameran Khusus Kizuna AI”, Kizuna AI dijelaskan sebagai “awal dari segalanya”. Ini adalah pameran di mana Anda dapat melihat kembali jadwal musiknya.

Adegan sudut yang menunjukkan peristiwa masa lalu dari XR Entertainment dan “Pameran Khusus Kizuna AI”
“Pameran Lukisan Otsuta Eru”, sebuah ilustrasi unik dari Otsuta Eru ditampilkan di monitor.

Berbagai macam konten pengalaman langsung di Nagoya VTuber Exhibition

Nagoya VTuber Exhibition tahun ini juga menampilkan berbagai konten langsung. Yang pertama adalah “Panel Pameran Berbicara”. “Panel Pameran Berbicara” adalah acara terbatas pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, di mana VTuber muncul secara bergiliran selama periode pameran dan pengunjung dapat berbicara langsung dengan mereka melalui layar.

Nagoya VTuber Exhibition event
Pengunjung beriterakis dengan Vtuber secara langsung

Ada juga tempat untuk Anda mencoba pengalaman menjadi VTuber di Nagoya VTuber Exhibition. DI bagian ini, menggunakan Azure Kinect DK dan pengubah suara, Anda dapat menjadi Senna Hamai. VTuber resmi Sekolah Mengemudi Hamanako, sekolah mengemudi yang berlokasi di Nii-machi, Kota Kosai, Prefektur Shizuoka.

Pameran ini terselenggara atas kerjasama penuh dari Nagoya Parco, dan toko ini memiliki lima tempat reli stempel. Jika Anda mengumpulkan lima stempel selama periode pameran, Anda akan menerima barang-barang edisi terbatas.

Tempat reli stempel
Salah satu tempat reli stempel ditandai oleh panel VTuber
Goodies dan Cafe

Nagoya VTuber Exhibition juga melakukan kolaborasi dengan cafe yang diadakan di Carlova360 di lantai 4 Gedung Timur . Jika Anda memesan kopi, kafe au lait, dan kakao dari menu biasa dan membeli tiket art latte, pembeli akan ditawari untuk mendapatkan art latte dari VTuber favorit Anda.

Penampilan toko Nikmati minuman favorit Anda di toko yang dikelilingi oleh buku
Anda dapat memilih VTuber untuk di jadikan art latte
Art latte Otsuta Eru dan Kimino Miya

Tentu saja juga ada bagian untuk menjual merchendise  Vtuber. Pamflet resmi berisi isi pameran, omikuji dengan suara Kimino Miya dan Otsuta Eru. Serta promo undian duta acara Nagoya VTuber Exhibition semuanya tersedia untuk dibeli. Beberapa barang juga bisa dibeli. dibeli di PARCO ONLINE STORE.

Nagoya VTuber Exhibition di Parco akan diadakan hingga 21 Juni. Untuk orang-orang yang tidak bisa pergi ke venue sebenarnya kali ini, bisa menikmati konten pameran di venue online, jadi silakan cek di sini.

Barang dijual di tempat penjualan ini
Papan kesan oleh pengunjung

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button