VtuberZatsudan

Sunday Spotlight #1 – Cerys Lobelia, Bunga Little Flower, & Nara Aprilia

Yuk mengenal lebih dekat VTuber Indonesia Cerys Lobelia, Bunga Little Flower & Nara Aprilia

Halo semua pembaca VirtuaCorner sekalian, selamat datang di edisi pertama dari rubrik Sunday Spotlight #1. Di rubrik ini kami akan memperkenalkan sekaligus membahas beberapa VTuber Indonesia yang bisa kamu mulai ikuti. Sebagai edisi pembuka ada 3 (tiga) Virtual Youtuber asal Indonesia yang akan kami bahas yaitu Cerys Lobelia, Bunga Little Flower & Nara Aprilia.

Cerys Lobelia – Seiso or Not Seiso That is The Question?

VTuber Indonesia Cerys Lobelia Sunday Spotlight #1
VTuber Indonesia Cerys Lobelia dari Yume Reality

Trait alias sifat karakter Seiso rasanya menjadi satu standar idaman yang diinginkan para fans kepada idola yang disukainya, namun kalau berbicara dalam konteks skena VTuber rasanya Seiso menjadi sebuah mitos dan urban legend yang sangat jarang ditemukan. Meski begitu kami menemukan sebuah keunikan di pribadi seorang Virtual Star bernama Cerys Lobelia. VTuber yang berasal dari grup agensi Yume Reality ini dari desain karakter terlihat memiliki pesona Seiso yang cukup wholesome rasanya, dan ternyata persona tersebut memang benar adanya.

Desain karakter tone warna yang cukup “soothing” dipadukan dengan suara yang sangat periang benar-benar meyakinkan saya kalau ia adalah sosok yang Seiso. Tetapi… tentunya kita berbicara VTuber di mana Seiso adalah mitos dan urban legend, ternyata tetap saja ada momen-momen di mana Cerys mulai bertindak Seison’t dalam taraf… well… yang cukup “menegangkan”. Namun justru di sini menariknya, persona Seison’t yang dilakukan oleh Cerys justru tetap terlihat polos dan entah kenapa masih membawa suasana adem dan wholesome, jadi rasa-rasanya ia berada di dua spektrum secara bersamaan, Seiso or Not Seiso.

Penasaran dengan Cerys Lobelia, kamu bisa mengenal dia lebih dekat di link berikut ini:

Youtube – https://www.youtube.com/c/CerysLobelia/
Twitter – https://twitter.com/CerysLobelia
Instagram – https://www.instagram.com/CerysLobelia/
Facebook – https://www.facebook.com/lobeliacerys/

Baca juga: Holoearth Konsep Metaverse dan MMORPG Untuk Fans Hololive

Bunga Little Flower – VTuber Pemain RTS Klasik

VTuber Indonesia Bunga Little Flower Sunday Spotlight #1
VTuber Indonesia Bunga Little Flower dari h!mawari project

Sebagai seorang VTuber rasanya melakukan streaming game sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa terpisahkan. Karena itu sangat wajar jika ada seseorang yang menyukai seorang VTuber dari pilihan game yang dimainkan di stream. Dan itulah yang terjadi kepada saya begitu mengenal seorang VTuber Indonesia bernama Bunga Little Flower.

VTuber yang tampil dengan desain karakter layaknya gadis kembang desa ini memiliki personality yang sangat friendly dan periang. Namun yang menarik dari Bunga bukan hanya dari personality saja tetapi dari pilihan gamenya yang bisa dibilang agak tidak biasa dibandingkan VTuber lainnya. Dari berbagai stream yang dilakukan terlihat bahwa Bunga sepertinya sangat suka bermain game Strategi terutama RTS klasik seperti Rise of Nation, Caesar IV, dan Stronghold Crusaders. Pilihan game yang dimainkan Bunga mengingatkan saya di masa lalu ketika menghabiskan waktu seharian penuh bermain RTS di laptop dengan spek seadanya, selain itu memang saya sendiri suka RTS sih. Ia juga suka bermain Cities Skyline dan sempat bermain Dungeons & Dragons melalui Roll 20, lagi-lagi, dua game yang masih sangat menjadi favorit saya dan mungkin sebagian pembaca juga hingga saat ini.

Terlepas dari pilihan gamenya tersebut, sebenarnya satu hal yang saya cukup salut dari Bunga adalah konsistensinya dalam berkarya. Ia masih sangat konsisten membuat konten meski jumlah Subscribernya masih belum terlalu banyak. Ia juga punya konten reguler yaitu Bunga Malam di mana ia stream Freetalk di jam 2-3 pagi. Ketekunan dan konsistensi ini yang saya rasa justru penting dimiliki bagi para konten kreator. Konsistensi dan passion Bunga dalam berkarya sebagai VTuber juga dituangkan secara serius ia memutuskan untuk memprakarsai pembentukan grup VTuber bernama h!mawari Project. Pilihan game yang menarik, ditambah dengan ketekunan, konsistensi, dan dedikasinya yang sangat tinggi sampai mau membuka grup VTuber sendiri membuat saya sangat salut kepada Bunga, dan itulah alasan kenapa pembaca VirtuaCorner harus mulai mengikuti Bunga di sosial media berikut ini:

Youtube – https://www.youtube.com/c/littleflowerbunga/
Twitter – https://twitter.com/bunga_mungil_id
Facebook – https://www.facebook.com/bunga.mungil.id
Instagram – https://www.instagram.com/bunga_mungil_id/

Baca juga: Berkenalan dengan “VTuber” dan serba-serbinya di Indonesia

Nara Aprilia – VTuber dengan “gaya lama” di tengah tren livestreamer

VTuber Indonesia Nara Aprilia Sunday Spotlight #1
VTuber Indonesia Nara Aprilia

Saat ini bisa dibilang mayoritas VTuber yang ada aktif menjadi kreator konten dengan pakem livestreamer, terutama streaming game, art dan freetalk. Namun jika kita kembali ke masa-masa awal lahirnya VTuber, di sebuah era di mana Kizuna Ai baru muncul, tren VTuber justru dimulai dengan konten-konten VOD (Video on Demand) yang sudah terlebih dahulu direkam (pre-record) dan melalui post produksi dengan durasi singkat dan menengah, masih belum menjadi streamer. Dan kini di tengah-tengah tren VTuber bermunculan sebagai streamer, ada satu VTuber Indonesia yang justru konsisten nan istiqomah membuat konten dengan style pre-record bukan streaming, dan dialah Nara Aprilia.

Eksistensi Nara Aprilia pertama kali muncul pada pertengahan tahun 2020. Di masa itu tren VTuber sudah sangat naik-naiknya terutama VTuber dengan style streamer. Munculnya VTuber baru selalu ditandai dengan debut livestream namun Nara justru melakukan debut dengan merilis video perkenalan berdurasi 1 menit 53 detik. Pertama kali muncul Nara tampil dengan illustrasi yang jujur sangat seadanya, namun konsistensinya untuk terus berkarya membuatnya terus berkembang dengan desain karakter baru yang terlihat semakin profesional. Meski begitu ia tetap humble dengan pembawaan karakternya yang sangat friendly dan masih tetap dengan konten pre-record.

Sebagai VTuber tentu saja konten gaming menjadi andalan, namun alih-alih melakukan streaming game Nara justru lebih memilih mengupload video momen-momen menarik ketika ia bermain game. Selain itu gaya konten yang dibuat Nara juga bisa dibilang sangat konten YouTube sekali di mana ia sering membuat video singkat membahas hal-hal yang sedang trending. Jika VTuber lain melakukan Freetalk di stream, maka Nara terlihat lebih melakukan “Freetalk” dalam video pre-record dengan tema tertentu. Nara juga sangat suka mengupload video cover song selayaknya VTuber lain.

Gaya konten seperti ini terasa bagaikan oase di tengah banyaknya VTuber yang terjun sebagai streamer. Karena jujur saja terkadang mengikuti VTuber yang muncul sebagai streamer barriernya terasa besar begitu melihat arsip videonya yang berdurasi panjang. Tidak jarang orang kenal dengan VTuber justru dari klip durasi singkat dari live yang berdurasi panjang. Karena itu tidak heran jika pertumbuhan view dan subscriber Nara terlihat sangat potensial, bisa jadi karena menonton konten milik Nara memiliki barrier yang lebih rendah dengan gaya pre-record dan durasi singkat. Penasaran seperti apa kontennya atau ingin cari inspirasi untuk membuat VTuber dengan style serupa? Cek saja langsung sosmed Nara berikut ini:

Youtube – https://www.youtube.com/c/NaraApriliaChannel/videos
Twitter – https://twitter.com/naraaprilia_id
Instagram – https://www.instagram.com/naraaprilia.id/

Itulah dia ketiga VTuber Indonesia yang masuk ke dalam daftar Sunday Spotlight edisi pertama kami. Seperti namanya rubrik ini akan kami update setiap hari Minggu. Apakah VTuber yang kamu ikuti ada di list perdana kami ini? Atau kamu punya saran dan rekomendasi lagi siapa VTuber Indonesia yang akan kami bahas di rubrik ini? Yuk tulis di kolom komentar atau langsung saja ngobrol bareng kita di sosmed kita berikut ini:

Facebook – https://www.facebook.com/virtuacorner
Instagram – https://www.instagram.com/virtuacorner/
Twitter – https://twitter.com/virtuacorner

Baca juga: VTuber BUMN Akan Segera Muncul?!

Related Articles

2 Comments

  1. Wah, cakep min artikelnya. Bagus nih, buat wawasan + promosi juga hehe. Saya ikut Nara dan Cece, Bunga baru subs tadi (setelah baca artikel ini www).

    Btw, kalo boleh kasih saran buat list vtuber selanjutnya, saya ada ArkNET kids (Raska Malendra, Enji NC, Rania Chiwawa). Ada juga dari indie Vtuber, Minerva Ch. Thx for the article 👍

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button