Virtual WorldVtuber

Veepigenesis: Sony Music Merambah Dunia Virtual

SMEJ? Veepigenesis? Vee Project? Apa itu?

Ramainya hingar-bingar dunia virtual talent atau lebih akrab disebut dengan vtuber sedang dalam masa puncak-puncaknya. Nama-nama grup semacam Hololive, ataupun Nijisanji tidaklah asing di telinga kita. Selain grup yang memang sudah besar, terdapat pula grup-grup yang baru memulai untuk menancapkan tajinya seperti PhaseConnect, Alterly, ataupun Maha5 (Maha Panca).

Keramaian dunia Vtuber ini pun mulai menarik perusahaan-perusahaan besar, setelah beberapa waktu lalu Air Asia merambah masuk melalui Aozora Kurumi, kini Veepigenesis (VEE公式サイト (vee-official.jp)), atau lebih umum disebut Vee yang diproduseri oleh Sony Music Entertainment

Veepigenesis, sebuah [r]evolusi di dunia vtuber?

 

VTubers are human, too.
Because we are human, we need friends in order to continue pursuing our dreams.
Because we are human, we need learnings and big stages to grow.
Because we are human, we need support and a proper off-duty system to take care of our physical and mental health.
A virtual live streamer / VTuber is a character, but at the same time,
also, a talented “human being”.

That’s why,
we at Sony Music Group (Japan) have made it our business to discover talents,
to continue to nurture them, and not to destroy them.

Hal yang menarik dari Vee project ataupun dalam konteks yang lebih luas adalah Sony Music Entertainment dibandingkan kompetitornya adalah Vee berani menyatakan komitmennya bahwa vtuber adalah  seorang manusia juga pada akhirnya, bukan hanya seorang karyawan ataupun hubungan antara pemilik hak kekayaan Intelektual dan seseorang yang ditugaskan untuk menghidupkan dan mengisi kisahnya.

Veepigenesis memiliki komitmen sebagai berikut

  • Kami akan memperlakukan seluruh anggota VEE sebagai seorang profesional setara dengan artis SMEJ (Sony Music Entertainment Japan) lainnya, seperti yang selama ini SMEJ lakukan. Kami akan mengembangkan individualitas dan kemampuan artis dan kami akan mempertunjukkannya kepada sebanyak mungkin penikmat. Kami akan bekerja bersama anda untuk mengembangkan musik anda, pertunjukan langsung, memorabilia, dan berbagai bidang lain yang anda impi-impikan. Kami berusaha menciptakan lingkungan yang tidak dan tidak dapat meremehkan anda hanya karena anda adalah Vtuber
  • Kami akan menyiapkan panggung terbaik untuk bakat dan usaha Anda. Kami bertujuan untuk tingkat pengembalian tertinggi atas pendapatan distribusi. Kami akan berusaha keras untuk memberikan dukungan harian, pertunjukan live skala besar, kegiatan di luar negeri, penampilan komersial, dll., serta dukungan untuk mewujudkan berbagai impian Anda. Namun,ini tidak berarti bahwa kami akan memberi Anda beberapa jalan pintas untuk mewujudkan impian Anda dalam sekejap. Dunia tidak akan menerima Anda jika mengira Anda mengenakan baju besi yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Kami berharap Anda akan secara proaktif berinteraksi dengan penggemar dan teman Anda di VEE untuk memoles bakat Anda, untuk menjadi karakter yang memegang esensi, dan tidak takut untuk mencapai impian Anda.
  • Di VEE, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan di mana Anda dapat terus menggunakan karakter Anda untuk waktu yang lama. Sebagai bagian dari ini, kami berharap dapat berbagi hak atas nama dan karakter Anda dengan Anda di masa mendatang. Karakter yang Anda kembangkan bersama dengan bakat Anda adalah bagian dari karir Anda dan aset penting. Kami bertujuan untuk menciptakan lingkungan di mana Anda dapat terus menggunakan karakter Anda dengan cara yang tidak menghentikan aktivitas Anda, termasuk karier yang tidak dapat kami dukung sepenuhnya.

Bagi yang berminat bergabung dengan Vee, berikut ini adalah beberapa hal yang dipersyaratkan

  • Persyaratan usia minimum: 16 tahun
  • Anda akan dapat bekerja terus menerus selama setidaknya satu tahun
  • Anda memiliki mimpi yang sama sekali tidak ingin Anda lepaskan
  • Jenis kelamin dan kebangsaan tidak dipermasalahkan
  • Terbatas untuk mereka yang tinggal di Jepang
  • Jika Anda masih di bawah umur, Anda memerlukan persetujuan orang tua atau wali Anda

Pendaftaran telah dibuka semenjak 20 Juli 2021 hingga 30 September 2021. Info lengkap dapat anda kunjungi pada situs resmi Sonymusic

Memang masih terlalu dini untuk menyimpulkan apakah Vee project yang digawangi oleh Sony Music Entertainment Japan ini mampu untuk melejit ke puncak klasemen dan mendobrak status quo, tetapi setidaknya penikmat skena vtuber dapat bersorak gembira atas bertambahnya pilihan tontonan di tengah dominasi Kizuna Ai, Hololive, maupun nijisanji.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button