Virtual WorldVtuber

NIJISANJI Agensi Vtuber Dengan Ratusan Talent

Nijisanji adalah sekelompok YouTuber Virtual 2D-only yang juga dikenal sebagai “Virtual Livers” saat memposting di situs di luar YouTube, seperti NicoNico Douga dan Bilibili. Istilah Liver, diciptakan dengan mencampurkan bahasa Jepang dan Inggris, adalah heteronim untuk menyebut para vtuber dari Nijisanji.

Dikelola oleh Ichikara Inc., grup ini dimulai di Jepang pada awal 2018 dan sejak itu berkembang ke negara lain sebagai proyek internasional. Pada Maret 2021, terdapat 103 anggota aktif di Jepang, 39 anggota aktif VirtuaReal, 16 anggota NIJISANJI ID aktif dan 17 anggota aktif NIJISANJI KR. Ada juga 5 anggota VirtuaReal Star dan 22 anggota VirtuaReal Link yang merupakan VTuber independen, tidak dianggap sebagai bagian dari Nijisanji dan hanya berada dalam sistem mitra jaringan. VirtuaReal adalah cabang Nijisanji di China yang dibuat atas kerja sama dengan situs media China, BiliBili.

Kuzuha memiliki jumlah pelanggan tertinggi di Nijisanji, diikuti oleh Tsukino Mito, Kanae, dan Honma Himawari. Pada 2021, agensi memiliki 27 juta subscriber di Youtube.

 

Teknologi Nijisanji

Liver biasanya melakukan streaming dengan teknologi penangkapan gerak wajah di iPhoneX, model Live2D, dan aplikasi Nijisanji (tidak tersedia secara komersial). Meskipun metode ini secara teknis lebih sederhana dan jauh lebih murah daripada peralatan penangkapan gerakan 3D seluruh tubuh, gerakan yang dihasilkan sebagian besar terbatas pada fitur wajah dan telah diketahui mengalami beberapa masalah gagap respon dan akurasi.

Setelah debut, Liver dapat menerima brushup 2.0 dan 3.0 yang memungkinkan mereka memperluas jangkauan gerakan dan membuat lebih banyak ekspresi wajah. Brushup 2.0 dan 3.0 diumumkan melalui Twitter dan didistribusikan secara berkelompok pada waktu yang acak. Mereka yang memiliki model 3D juga berhak menerima brushup 3D, yang juga diumumkan melalui Twitter. Segala jenis pembaruan akan ditandai dengan #にぷで di Twitter.

Pada Mei 2021, 95 Liver dari cabang utama telah menerima 2.0 brushups dan 3 telah menerima 3.0 brushup. 3 Liver dari Nijisanji Indonesia telah menerima brushup 2.0 dan merupakan satu-satunya LIver dari cabang luar negeri yang menerima brushup.

nijisanji ID

Selain Live2D dan penangkapan gerak 3D secara konvensional di seluruh tubuh, Nijisanji juga mendukung “Niji 3D” (にじ3D). Yang memungkinkan Livers melakukan streaming menggunakan model 3D mereka tanpa studio. Rentang gerak untuk Niji 3D terbatas pada tubuh bagian atas dan pelacakan tangan.

Per Mei 2021, 62 Livers dari cabang utama telah menerima model 3D. Termasuk Livers yang telah menggunakan model mereka dalam sebuah event tetapi belum melakukan debutnya di YouTube. Dan 4 telah menerima brushup 3D. 8 Liver dari VirtuaReal telah menerima model 3D juga dan merupakan satu-satunya cabang asing yang menerima model 3D.

 

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button