Virtual World

Virtual Youtuber Sebagai Media Digital Hiburan dan Bisnis Yang Perlu Diperhatikan.

Vtuber atau Virtual YouTuber merupakan salah satu kolabarasi anime dan pemanfaatan media internet. YouTuber virtual adalah tren terbaru media digital yang berkembang pesat di Jepang dan menarik perhatian seluruh dunia. Virtual YouTuber memiliki banyak pengikut, tidak sedikit dari mereka memiliki jutaan follower dan menjadikan mereka sebagai trend setter.

Ini membuat mereka menjadi perhatian para pelaku industri produk-produk seperti video game, produk makanan, hingga minimarket. Tidak jarang  untuk melakukan official promotion material mereka berkolaborasi dengan Youtuber lainnya.

VTuber adalah sebutan untuk pelaku youtuber virtual, mereka bukan sebagai manusia, melainkan sebagai avatar digital sebuah karakter dan umumnya anime. Perbedaan yang dimiliki VTuber adalah content creator sebuah avatar animasi 2D atau 3D.

Serta umumnya avatar tersebut diisi oleh pemeran suara asli manusia atau buatan. Unggahan content mereka sama seperti para content creator youtuber lainnya. Misalnya vlogging, endorse, cover lagu, games atau promosi barang

VTuber berkembang pesat semenjak terkenalnya VTuber Jepang, Kizuna Ai, lewat salurannya, A.I.Channel. Pertanyaannya umum adalah apa teknologi di balik karakter gadis anime virtual ini? Rancangan Karakter anime Virtual Youtuber sebagian besar melibatkan teknologi perangkat lunak pengenalan wajah, pengenalan gerakan dan perangkat lunak animasi.

Penggabungan teknologi ini memiliki tingkat kesulitan tingi contohnya  masalah yang paling terkenal dengan teknologi ini adalah terungkapnya identitas asli Noracat dalam siaran langsung.

Pertumbuhan Virtual Youtuber

vtuber rank

User Local Inc Jepang, mencatat pada akhir tahun 2020 lebih dari 13000 tersebar di seluruh dunia. Sementara di Indonesia, sudah ada beberapa Virtual Youtuber yang tidak kalah menarik dari Jepang. VTuber yang populer di Indonesia di dominasi oleh agensi besar seperti hololive dan Nijianji.

Nijisanji dan hololive sangat terkenal di dunia vtuber. Selain sukses di Jepang agensi besar tersebut juga membuka cabang di negara lain salah satunya Indonesia.

vtuber growth

Ini meningkat pesat semenjak akhir tahun 2017 dimana Kizuna Ai sudah mulai dikenal banyak orang semenjak debut nya di bulan November 2016.

Dengan bertambahnya vtuber baik dari perusahan agensi atau pun independen ini menadakan vtuber sebagai media digital perlu mendapatkan perhatian baik dari sisi ekonomi atau hiburan.

 

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button