TechnologyVirtual World

Hologram 3D Menggunakan Sinar Laser

Sebuah tim di Brigham Young University sedang mengembangkan animasi holografik 3D tanpa perlu headset atau smartphone khusus.

Para peneliti di BYU telah membuat hologram 3D yang mengambang bebas menggunakan laser dan partikel kecil yang melayang di udara untuk membuat gambar digital yang dapat dilihat tanpa memerlukan headset AR khusus.

Begini cara kerjanya. Grup Hologram BYU menggunakan sinar laser untuk menjebak partikel kecil di udara. Sinar laser tersebut kemudian digunakan untuk menyeret partikel ke berbagai arah. Saat partikel digerakkan cukup cepat, tim dapat membuat animasi holografik warna-warni yang dapat dilihat dari semua sudut.

Dalam video YouTube yang diproduksi oleh BYU, Dan Smalley — Profesor BYU di bidang Teknik Elektro. — Menawarkan demo singkat proses menggunakan versi kecil USS Enterprise dan Klingon Warbird.

Dalam video tersebut, Smalley memamerkan urutan pertempuran AR. Lengkap dengan torpedo foton, laser, dan ledakan yang dibuat menggunakan proses hologram yang disebutkan di atas.

Selama sekitar empat menit video, Smalley berbicara tentang pertempuran antara dua kapal, katanya, “Apa yang Anda lihat dalam adegan ini adalah nyata. Tidak ada yang dihasilkan komputer tentang itu. Ini adalah laser hologram sungguhan yang bergerak di ruang di antara dua kapal ini.”

Proyek ini dibangun dari proyek BYU sebelumnya dari tahun 2018, perangkat hologram yang disebut Optical Trap Display (OTD) yang mampu menghasilkan hologram 3D kecil.

Dari sana, Smalley dan timnya menghabiskan tiga tahun berikutnya untuk meningkatkan teknologi OTD mereka untuk menyertakan animasi nyata. Membawa kita selangkah lebih dekat ke pengalaman hologram berkualitas tinggi, seperti Holodeck yang ditampilkan di Star Trek atau komunikasi holografik di Star Wars.

Seperti disebutkan sebelumnya, citra 3D mengambang bebas BYU dibangun di sekitar satu partikel, yang berarti — secara teknis — ini adalah hologram fisik. Tetapi karena mereka dibangun dari partikel tunggal, interaktivitas menjadi terbatas.

Namun, Anda dapat melakukan tindakan kecil, seperti membuat sosok tongkat hologram kecil memantul ke atas dan ke bawah di jari Anda.

Bagian dari teknologi di balik gambar hologram yang mengambang bebas memerlukan tampilan volumetrik yang memproyeksikan gambar dalam volume tetap. Karena gambar dibuat di sekitar partikel bercahaya di dalam volume tetap itu, tim mampu menghasilkan hologram 3D kecil.

Menurut Mahasiswa Pascasarjana BYU Wesley Rogers, dimungkinkan untuk membuat hologram yang lebih besar menggunakan sistem mereka. Meskipun prosesnya terdengar jauh lebih rumit.

Jika misalnya, saya ingin menampilkan gunung dan saya ingin itu terlihat seperti ukuran nyata gunung. Saya harus membuat pajangan volumetrik seukuran gunung.

Namun, tim di BYU dapat menggunakan beberapa trik optik untuk menciptakan ilusi seperti bulan di luar rumah. Dengan menggunakan teknik yang disebut sebagai paralaks gerak, mereka dapat membuat tampilan terlihat jauh lebih besar daripada yang sebenarnya. Dengan mengubah gambar saat Anda bergerak melalui sebuah adegan.

“Kami sekarang memiliki kemampuan saat gambar kami menjadi lebih besar untuk menciptakan pengalaman yang melebihi volume gambar kami. Smalley, menambahkan “Anda dapat menciptakan lingkungan yang berada di luar ruangan atau di luar jendela.”

Konser Hatsune Miku atau 3D vtuber akan terasa berbeda di masa depan.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proyek ini melalui situs web BYU Electro-Holography Lab .

 

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button