VtuberZatsudan
Trending

Sunday Spotlight #3 – Reynard Blanc, Keigo Aria, & Jaret Fajrianto

Tiga VTuber Indonesia yang kami bahas dalam Sunday Spotlight kali ini adalah Reynard Blanc, Keigo Aria & Jaret Fajrianto

Halo semua selamat datang kembali di rubrik Sunday Spotlight #3, sebuah rubrik di mana setiap hari Minggu kami akan membahas mengenai para Virtual YouTuber (VTuber) asal Indonesia yang bisa kalian tonton/subcribe atau jika dari bahasan kami ternyata sudah kalian tonton/subscribe, bisa juga direkomendasikan ke orang lain untuk mulai di tonton/subscribe. Phew, intronya agak panjang juga ya kali ini, sepertinya efek 2 minggu kita tidak update yah. Sebelumnya kami mohon maaf juga, seharusnya hari Minggu ini sudah menjadi edisi ke-5 namun karena 2 minggu kemarin kami absen, mengunjungi kafe honkai di minggu pertama November dan penulis kami tepar di minggu kedua, jadi kami baru bisa update sekarang m(_ _)m.

Okay balik ke topik, jadi di edisi ke-3 Sunday Spotlight ini kami ingin memberikan sebuah penyegaran dari 2 edisi sebelumnya. Jika dalam 2 edisi sebelumnya kami membahas VTuber perempuan, kali ini kami membahas VTuber cowok. Seperti biasa ada tiga (3) VTuber yang akan kami bahas di rubrik ini dan kali ini pilihan itu jatuh kepada Reynard Blanc, Keigo Aria & Jaret Fajrianto. Selain ketiganya VTuber cowok, ada satu kesamaan yang menjadi benang merah pemilihan VTuber yang dibahas di minggu ini yaitu passion mereka bertiga akan konten musik. Baik tanpa panjang kali lebar kali tinggi dibagi sin 90 dalam limit menuju tak hingga, mari kita mulai saja pembahasan Sunday Spotlight edisi ke-3 kali ini!

Reynard Blanc – Musisi Handal dari Re:Memories

Reynard Blanc VTuber Indonesia

Pembuka bahasan di Sunday Spotlight #3 kita adalah Reynard Blanc, seorang Virtual YouTuber anggota dari grup agensi indie Re:Memories. Reynard adalah seorang siluman rubah yang masih terus aktif menghibur para penggemarnya dengan beragam livestream setiap minggunya. Berbicara mengenai livestream, Reynard dikenal memiliki persona sebagai cowok yang sangat charming, mampu meluluhkan hati para penonton wanita, dan tak jarang penonton pria, dengan tingkah laku ke-uwuannya. Persona tersebut semakin diperkuat dengan desain karakternya sebagai cowok berambut abu-abu, dengan baby face looks dan telinga rubah di atas kepalanya yang membuatnya terlihat semakin precious.

Selain persona uwu yang dimiliki oleh Reynard, satu hal yang menjadi ciri khas utama dari satu-satunya VTuber cowok asal Re:Memories ini adalah kemampuannya dalam membuat konten musik. Bisa dibilang sepertinya musik sudah menjadi bahasa kedua Reynard, tiada satupun pekan yang terlewat tanpa ada konten musik dalam jadwal livestream Reynard, baik itu Karaoke maupun membahas musik. Dan juga rasanya tidak ada satu bulan terlewat tanpa adanya konten musik cover yang dibuat oleh Reynard Blanc. Kemampuannya dalam merangkai nada sudah sangat tidak diragukan lagi, sampai-sampai ia sudah berkali-kali berkolaborasi membuat musik untuk dinyanyikan oleh VTuber lain baik itu sesama VTuber independen asal Indonesia maupun VTuber dari agensi major seperti Kureiji Ollie dari hololive Indonesia.

Mau menyaksikan seberapa uwu Reynard Blanc, atau mau mendengarkan skill musik Reynard yang sangat keren pake banget? Langsung saja kamu ikuti dia di media sosial berikut ini:

YouTube – https://www.youtube.com/channel/UCoUFv7APM1XOo4TUaWbRekw

Twitter – https://twitter.com/ReynardBlanc

Keigo Aria – Komposer Tampan nan Menawan dari scuffgang

Keigo Aria VTuber Indonesia

Selanjutnya dalam Sunday Spotlight #3 kita akan membahas mengenai satu lagi VTuber cowok asal Indonesia yang juga memiliki skill dalam bermusik yang patut mendapat apresiasi tinggi yaitu Keigo Aria. Keigo Aria adalah seorang VTuber asal Indonesia yang menjadi anggota dari grup #scuffgang, bersama Mythia Batford, Akemi Nekomachi, Xeapher dan ClozyOzy. Jika sebelumnya Reynard Blanc adalah VTuber cowok dengan persona uwu, Keigo Aria bisa dibilang sebagai VTuber cowok dengan persona cogan-cogan ala karakter webtoon yang lagi-lagi bisa dengan mudah meluluhkan hati setiap wanita yang menontonnya.

Keigo pertama kali muncul pada bulan Januari 2021 dengan merilis video berjudul “If Baka Mitai was an Anime Opening”. Kemudian barulah pada bulan Februari 2021 ia memulai debutnya sebagai seorang Virtual Youtuber. Pertama kali kemunculannya ia memiliki model karakter cogan berambut oranye-kecoklatan, dan seperti halnya Mythia yang melakukan debut versi 2.0, Keigo pun mendapatkan versi update dari model karakternya yang dirilis pada tanggal 18 Oktober 2021. Dalam versi 2.0 ini perbedaannya yang paling mencolok adalah rambutnya yang semula berwarna oranye-kecoklatan kini berubah menjadi putih-perak-abu-abu, dengan desain yang bisa saya akui masih tetap memiliki persona “cogan-cogan webtoon” namun dengan cogan energi yang jauh lebih kuat.

Selain model karakternya yang terlihat sangat tampan dan menawan, Keigo juga memiliki skill dalam bermusik yang sangat sangat pantas patut wajib mendapat apresiasi tinggi. Kalian tentu tahu dong lagu Janji dari Projekt Genesis yang rilis di bulan Agustus lalu? Sosok dibalik lahirnya musik yang sangat epik tersebut adalah Keigo Aria sebagai sang komposer. Selain itu, satu konten yang membuat saya mengenal Keigo Aria untuk pertama kalinya adalah video aransemen Keigo untuk theme song Yggdrasil magna dari game GBF.  Epik dan kolosal, saya rasa itu sangat menggambarkan musik yang dicompose oleh Keigo termasuk di Janji untuk Projekt Genesis.

Untuk kamu yang penasaran dengan sosok komposer tampan dan menawan ini kamu bisa langsung saja berkenalan dengan Keigo Aria di media sosial berikut ini:

Youtube – https://www.youtube.com/channel/UCkauiMNNW_kdxBxXorzM1Kg/videos

Twitter – https://twitter.com/KeigoAria

Jaret Fajrianto – Karakter Komik yang kini jadi Musisi Parodi Virtual

Jaret Fajrianto VTuber Indonesia

Berikutnya Virtual Youtuber cowok asal Indonesia yang kami bahas di Sunday Spotlight #3 kali ini adalah Jaret Fajrianto dari Ghosty’s Comic. Kalian tentunya sudah sangat tahu siapa itu Ghosty’s Comic, sebuah komik strip 4 panel yang selalu membuat kita tergelitik dengan konten-konten komedinya yang relatable terutama dalam skena pop kultur dan perkhilafan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, karakter Jaret pun berpindah dimensi dari halaman komik menuju layar digital YouTube sebagai VTuber.

Jika dalam 2 bahasan sebelumnya saya membahas mengenai persona dan looks mereka, untuk Jaret, jujur saja tidak bisa banyak yang saya bahas selain karena sepertinya personanya sudah cukup bisa dipahami melalui komik-komiknya, model karakternya pun ya, hanya begitu saja. Tetapi bukan berarti model karakter simpel ini jelek loh ya, justru kalau saya boleh jujur-jujuran sampai sekarang saya masih sangat amaze kepada Ghosty’s Comic karena bisa membuat karakter yang sangat simpel tapi di saat yang bersamaan sangat ikonik, dan sangat berkarakteristik. Kekuatan bercerita, narasi, dan jiwa karakter dari Jaret Fajrianto mampu memberi kedalaman karakter yang bisa melekat di benak dan hati kita semua melalui gambaran yang sederhana. Oke, ternyata pada akhirnya saya membahas juga bagian persona dan looksnya ternyata. Ya pokoknya sih sampai saat ini saya sangat salut dengan ide kreatif dari Ghosty’s Comic dan Jaret Fajrianto yang bisa menyampaikan konten relatable dan menarik meski hanya melalui gambar yang sederhana, benar-benar menggambarkan bahwa sesuatu yang sederhana mampu menyampaikan hal besar dan memiliki dampak yang juga sangat besar.

Baca juga: Sunday Spotlight #2 – Mythia Batford, Serena Shinju, Regnbue Gacha

Terlepas dari itu semua, menurut saya satu hal yang membuat Jaret Fajrianto mencolok sebagai VTuber adalah konten musik yang masih ia terus rilis dengan ritme yang sangat konsisten. Tetapi lagi-lagi, berbeda dari Reynard dan Keigo yang membuat musik, ya sebagai musik, musikalitas Jaret bagi saya justru berada pada ide kreatifnya untuk membuat konten musik parodi. Berbagai musik bisa diparodikan oleh Jaret baik itu musik-musik staple yang menjadi “daftar lagu wajib para VTuber/Utaite” hingga lagu-lagu Indonesia yang mampu dinyanyikan dengan lirik versi parodi yang membuat pendengarnya terus geleng-geleng kepala sambil mengucap “kepikiran aja sih bikin beginian astaga”. Kreativitas Jaret dalam menulis lirik parodi yang dipadukan dengan alunan musik yang pas bagi saya adalah charm unik yang tidak dimiliki oleh banyak orang. Kemampuannya dalam menulis lirik inilah yang akhirnya juga membuat Jaret terpilih sebagai penulis lirik untuk lagu Janji dari Projekt Genesis yang lagi-lagi membuat saya heran “biasanya menulis parodi tetapi kok kali ini bisa menulis lirik yang epik gini yah?”

Nggak mau ketinggalan konten lagu parodi terbaru dari Jaret? Langsung saja ikuti media sosialnya di link berikut ini:

YouTube – https://www.youtube.com/channel/UCccGnj6mw4RHQHI_2mKfjCQ

Twitter – https://twitter.com/jaretghosty

Facebook – https://www.facebook.com/GHOSTY.COMIC

Instagram – https://www.instagram.com/ghosty_comic

Demikianlah rubrik Sunday Spotlight edisi ke-3 kita kali ini. Dari daftar tiga VTuber yang kita bahas di atas apakah ada yang sudah kalian ikuti? Atau jangan-jangan kalian sudah ikuti mereka bertiga? Akhir kata, terima kasih untuk teman-teman yang sudah membaca rubrik Sunday Spotlight kita kali ini. Kamu boleh banget loh share artikel ini ke siapapun, dan juga jika kamu punya ide atau rekomendasi siapa lagi nih VTuber Indonesia yang harus kita bahas di Sunday Spotlight berikutnya, jangan malu-malu dan ragu-ragu untuk komen di artikel ini atau di sosmed kita di sini ya:

Facebook – https://www.facebook.com/virtuacorner

Instagram – https://www.instagram.com/virtuacorner/

Twitter – https://twitter.com/virtuacorner

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button