NewsTechnologyVirtual Reality

Steam Link: Menghubungkan Quest ke SteamVR dengan Mudah!

Valve Meluncurkan Steam Link pada Quest untuk Koneksi Langsung ke SteamVR: Pengalaman VR PC Lebih Mudah dan Terjangkau

Valve, perusahaan pengembang dan penerbit terkenal dalam industri realitas virtual (VR), baru-baru ini meluncurkan aplikasi pertamanya pada salah satu platform VR dari Meta. Steam Link memungkinkan pengguna dengan mudah menghubungkan headset Quest mereka secara nirkabel ke SteamVR untuk memainkan konten VR PC atau konten PC tanpa VR.

Sekarang Kalian Bisa Menghubungkan Quest ke SteamVR dengan Mudah

Selama bertahun-tahun, Oculus Link/Air Link memungkinkan headset Quest apa pun terhubung ke PC untuk memainkan konten VR PC. Sayangnay pengguna harus menginstal dan menggunakan software Oculus PC yang sudah usang. Dalam banyak kasus, hal ini hanya menjadi langkah tambahan yang merepotkan sebelum akhirnya masuk ke SteamVR yang memiliki beragam aplikasi VR.

SteamVR Library

Untuk menyederhanakan proses ini, Valve merilis aplikasi Steam Link di toko Quest utama (yang berarti telah mendapatkan persetujuan resmi dari Meta). Dengan menggunakan Steam Link, aplikasi ini membuat proses menghubungkan Quest secara langsung ke SteamVR tanpa perlu software Oculus PC sebagai lapisan perantara menjadi sangat mudah.

Baca juga: Acara Komedi Taskmaster Akan Hadir Dalam Bentuk VR!

Yang perlu Kalian lakukan hanyalah memiliki PC yang mampu menjalankan Steam dalam jaringan yang sama dengan headset Kalian. Kemudian, buka aplikasi Steam Link di Quest Kalian dan Kalian akan diberikan kode pasangan. Masukkan kode tersebut di PC Kalian dan… voila, Kalian akan melihat Library SteamVR Kalian.

No Man's Sky

Dan tidak hanya game VR PC, Kalian juga dapat memainkan game apa pun dari Library Steam Kalian. Lagi pula, semua ini sudah memungkinkan sebelumnya, tetapi Steam Link membuat prosesnya lebih mudah dari sebelumnya.

Untuk menggunakan Steam Link, Valve menyatakan bahwa persyaratan minimumnya adalah:

  • Wi-Fi: minimal 5 GHz, koneksi kabel ke PC
  • GPU: NVIDIA (GTX970 atau lebih baik)
  • OS: Windows 10 atau yang lebih baru
  • Headset: Meta Quest 2, 3, atau Pro

Ada indikasi bahwa Steam Link pada Quest juga dapat mendukung pelacakan mata dan pelacakan wajah bagi mereka yang menggunakan Oculus Pro, tetapi kami belum memiliki kesempatan untuk mengujinya.

Dampak Peluncuran Steam Link pada Ekosistem VR

Peluncuran Steam Link ini merupakan langkah yang sangat dinantikan oleh pengguna Quest. Sebelumnya, pengguna harus bergantung pada solusi pihak ketiga seperti Virtual Desktop untuk melakukan streaming SteamVR ke headset Quest mereka. Dengan adanya software ini, pengguna dapat mengakses SteamVR langsung melalui aplikasi resmi yang dirilis Valve.

Ini juga dapat menjadi langkah strategis bagi Meta dalam menjaga kompatibilitas dan fungsionalitas headset Quest mereka dengan platform VR utama. Diketahui juga Valve meluncurkan aplikasi Steam Link di toko Quest. Dengan hal tersebut Meta menunjukkan keterbukaannya terhadap kerjasama dengan pengembang dan penerbit lainnya.

Baca juga: Trailer Dari Mode VR Resident Evil 4 Telah Dirilis!

Beberapa pengguna melaporkan adanya masalah seperti bug pada software, FPS yang rendah, dan kegelapan yang berlebihan. Dari laporan tersebut diharapkan Valve akan terus memperbarui dan memperbaiki aplikasi ini. Sehingga dari perbaikan tersebut memberikan pengalaman streaming VR yang lebih baik bagi pengguna Quest.

Dengan peluncuran Steam Link di Quest, diharapkan para pengguna dapat menikmati lebih banyak pilihan konten VR dan akses yang lebih mudah ke Library SteamVR. Ini juga menandai langkah maju dalam pengembangan ekosistem VR yang semakin terintegrasi dan memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dunia VR dengan lebih nyaman dan seru.

Sumber

Sekai Joucho

Penggemar Virtual Singer Isekai Joucho sekaligus penggemar grup musik V.W.P (Virtual Witch Phenomenon) beserta anggotanya yang dibawah naungan Kamitsubaki Studio.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button