NewsVtuber

Merger Nijisanji ID dan Nijisanji KR Menjadi Nijisanji

Restrukturisasi Nijisanji Kesekiankalinya?

Pada tanggal 18 Februari 2022, Anycolor (yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Ichikara) mengumumkan merger Nijisanji ID dan Nijisanji KR dan menggabungkan keduanya dalam grup bernama “Nijisanji”. Berikut ini pernyataan resmi dari Anycolor dalam Bahasa Indonesia.

Latar Belakang

Tujuan perusahaan kami membuka proyek VTuber di Indonesia dan Korea adalah untuk membangkitkan bisnis VTuber di negara-negara tersebut. NIJISANJI ID dibentuk pada tahun 2019 dan NIJISANJI KR di tahun 2020. Dalam jangka waktu tersebut kami juga berhasil menjalankan manajemen talent, penjualan merchandise, promosi, dan event baik secara fisik maupun digital secara lokal.

Untuk memperkuat support kami ke seluruh grup, dan membangun sistem yang lebih efisien, kedua proyek tersebut akan digabung ke dalam proyek “NIJISANJI” dan melanjutkan kegiatan VTuber mereka di bawah satu nama, “NIJISANJI”.

Untuk ke Depannya

Setelah mengomunikasikan hal ini dengan semua Liver di bawah naungan kami, termasuk Liver NIJISANJI ID dan NIJISANJI KR, kedua proyek ini akan menjadi satu di bawah nama “NIJISANJI” dari April 2022. Dalam proses merger ini, kami juga akan mengintegrasikan divisi bisnis luar negeri kami ke dalam struktur organisasi utama NIJISANJI.

Saat ini, kami berencana untuk menghentikan aktivitas dari akun-akun official terkait NIJISANJI ID dan NIJISANJI KR, termasuk YouTube, Twitter, Facebook, dan Instagram paling lambat akhir bulan Maret.

Untuk grup VTuber “NIJISANJI EN” yang fokus hanya pada penonton dari negara yang berbicara Bahasa Inggris, dan grup VTuber “Virtua Real” yang fokus pada penonton dari China akan tetap melaksanakan aktivitasnya masing-masing sebagai grup terpisah dan tidak termasuk dalam program merger ini. Hal ini memperhitungkan perkembangan dan struktur organisasi masing-masing tersebut.

Hal ini kami lakukan dalam upaya membangun sistem yang lebih efisien untuk dapat mendukung semua Liver NIJISANJI lebih baik lagi.

Kami berharap semua fans dan pihak-pihak yang terkait untuk terus mendukung Liver-Liver kami sebagai Liver NIJISANJI.

Mengenai Penulisan Brand

Setelah merger ini, semua Liver “NIJISANJI ID” dan “NIJISANJI KR” akan kami sebut sebagai Liver “NIJISANJI” di homepage dan publikasi kami untuk kedepannya.

Mengenai bahasa dan konten yang akan dibawakan untuk stream, akan ditentukan secara bebas dari masing-masing talent kami. Kami juga akan tetap melanjutkan penggunaan platform donasi yang kami gunakan sebelumnya untuk para penonton dari Indonesia.

Kami mohon untuk dukungan dan pengertiannya dari semua fans NIJISANJI ID dan NIJISANJI KR untuk talent-talent kami dari Indonesia dan Korea sebagai Liver NIJISANJI.

Bukan yang Pertama

Restrukturisasi dalam grup Nijisanji kali ini bukanlah yang pertama kali. Sejak pertama kali debut pada 2018, Nijisanji sudah beberapa kali melakukan restrukturisasi. Pada tahun 2018 Nijisanji melakukan penggabungan antara Nijisanji gamers dengan Nijisanji Seed. Pada tahun 2018 pula Nijisanji Cina mulai beroperasi

Tahun 2019 merupakan tahun yang penuh warna bagi Nijisanji karena Nijisanji Cina menghentikan aktivitasnya, dan di tahun yang sama pula Virtua Real mulai beroperasi. Pada tahun tersebut juga merupakan ekspansi besar-besaran bagi Nijisanji dengan menciptakan cabang Indonesia (ID), India(IN), dan juga Korea (KR)

Anggota Nijisanji IN
Anggota Nijisanji IN: Aadya, Noor, Vihaan

Tahun 2020 merupakan tahun yang sedikit bergejolak terutama menyangkut Nijisanji IN di mana dilakukan rebranding menjadi Nijisanji EN dan di tahun yang sama pula dilakukan re-rebranding menjadi Nijisanji IN.  Pada tahun 2021 Nijisanji IN menghentikan semua aktivitasnya dan semua liver Nijisanji IN mengundurkan diri.

2022 dan seterusnya

Merger pada tahun 2022 membawa beberapa dampak terutama pada Nijisanji ID. Twitter resmi Nijisanji ID pada 17 Februari 2022 mengumumkan bahwa rekrutmen generasi ke-7 (seventhwave) Nijisanji ID dibatalkan. Nijisanji Sixth Wave yang merupakan rekrutmen terakhir Nijisanji ID membawa Hyona Elatiora, Xia Ekavira, dan Mika Melatika ke dalam keluarga besar Nijisanji

Nijisanji ID Seventh Wave Batal
Pernyataan Resmi dari Nijisanji ID

Keputusan merger Nijisanji ID dan Nijisanji KR ini diumumkan tidak lama setelah Siu Lee dan Ko Yami menyatakan pengunduran dirinya. Hingga bulan Februari 2022 sendiri sudah 27 vtuber pernah bergabung dengan Nijisanji KR. Pengunduran diri kedua vtuber ini menyebabkan sudah 10 orang atau lebih dari sepertiga vtuber yang bergabung dengan Nijisanji KR mengundurkan diri.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button