Virtual WorldZatsudan

Hololive Alternative, Sudahkah Kalian Siap?

Hype PV Hololive Alternative sepertinya belum menandakan akan berhenti. Setelah seminggu di unggah di kanal resmi Hololive PV yang menampilkan bebrapa member Hololive itu sudah ditonton hampir mencapai 4 juta dan terus bertambah.

Animasi yang mewah dan visual yang cantik dari klip tersebut bukanlah prestasi kecil. Terlebih lagi yang telibat didalamnya adalah veteran dalam indutri animasi anime yang telah berperan dalam dalam produksi berjudul besar. Dengen veteran industri anime yang mengerjakan Evangelion 3.0 + 1.0, Fullmetal Alchemist: Brotherhood, dan Sword Art Online: Alicization tentu saja akan menghasilkan PV Hololive Alternative yang menakjubkan. Dengan tambahan adanya lagu tema “Dawn Blue” yang ditulis dan dinyanyikan oleh Mori Calliope, vtuber berbakat dari Hololive EN membuat PV berdurasi 1 menit 48 detik ini menjadi lebih mengesankan.

Ini menjadikan Hololive ber kembang dan menjadikan nya ke tingkat yang lebih dari Vtuber terkenal ikonik menjadi sebuah bentuk hiburan multimedia yang tak terbatas dengan segala kemungkinan yang ada.

Jadi, apa sebenarnya Hololive Alternative itu? Berikut deskripsi yang diambil dari situs resminya:

Izinkan kami menyajikan kepada Anda sedikit berbeda — namun kemungkinan yang sama untuk gadis-gadis hololive. Ini adalah proyek yang akan menciptakan dunia alternatif yang Anda tidak pernah tahu ada sebelumnya, namun selalu membayangkan keberadaannya. Itu mungkin bisa terjadi, dan itu bisa terjadi — Kami ingin mengubah kemungkinan ini menjadi kenyataan bersama dengan semua orang.”

Dengan kata lain, Hololive Alternative atau Hololive Alt singkatnya adalah perluasan dari franchise Hololive. Kepribadian virtual yang menawan dan menawan akan mengambil peran dan narasi baru dalam berbagai bentuk multimedia. Bisa dikatakan proyek ini merupakan sarana untuk “memperluas spektrum konten”. Dalam istilah anime yang sedang populer, Alternatif Hololive adalah “isekai” dari Hololive. Keberadan mereka tidaklah sama dengan diri mereka di dunia ini. Kita mungkin akan menemukan di mana Pekora adalah pembunuh berdarah dingin atau Suisei adalah biduan orkes dangdut keliling. CEO COVER Motoaki Tanigo yang akrab di panggil Yagoo menggambarkannya sebagai “metaverse yang berpusat di sekitar komunitas penggemar hololive”.

Tujuannya adalah untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi melalui kolaborasi dengan seniman terampil, desainer, dan pembuat konten lain dalam komunitas Hololive. Banyak pendukung berbakat telah menghasilkan banyak animasi, kompilasi, dan remix Hololive buatan penggemar hololive. Sekarang Hololive Alt akan memberi mereka kesempatan untuk membuat konten resmi untuk idola virtual favorit mereka.

Dunia alternatif ini juga akan memungkinkan penggemar hololive untuk menikmati “Hololive” dengan cara yang lebih beragam daripada yang biasa dialami penikmat live stream nya. Anggota Hololive, sebagian besar, telah memiliki lore dasar atau latar belakang karakter untuk karakter mereka. Selama ini pengetahuan mengenai latar belakang karakter mereka hanya sebatas teks pemanis. Bahkan Marine mengakui dirinya bukanlah bajak laut dan hanya wanita yang ber cosplay dan Rushia buka lah necromancer tapi hikikomori yang hanya bermain game.

Dengan adanya Hololive Alternative penggemar hololive akan mengalami dimana penonton melihat Houshou Marine mengemudikan kapal bajak laut, Uruha Rushia mempraktikan ilmu sihir hitam, atau Minato Aqua melakukan tugas layaknya pelayan. Alternatif Hololive membuka dunia baru seca di mana kemungkinan cerita baru yang menarik atau interaksi anggota yang unik tidak terbatas.

Marine hololive alternative

Hololive Alternative pernah dipastikan memiliki seri manga spin-off yang akan tayang di twitter. Sayangnya, artis utama dari proyek ini, Mizuryu Kei, meninggalkan proyek ini. Dikabarkan adanya ketidak sepakatan yang melibatkan Mizuryu dengan Hololive tidak menemukan titik temu. Mizuryu Kei yang tidak dapat mememnuhi keinginan COVER untuk meninggalkan “konten NSFW” -nya yang melibtakan Marine. Mizuryu Kei dikenal sebagai penggemar berat Marine dan dia telah membuat doujin 18+ tentang Marine.

Karena insiden tersebut membuat banyak penggemar hololive yang bingung tentang apa yang kan terjadi dengan Hololive Alternative selanjutnya. Sampai saat ini masih tidak info lebih mengenai manga atau poduk hiburan multimedia lainnya. Dipastikan untuk kedepanya produksi manga Hololive akan tetap terwujud, tetapi kemungkinan besar, COVER akan menemukan penulis dan artis lain yang sesuai untuk mengelola proyek manga dan proyek lainya di Hololive Alternative.

Pernah beredar rumor tentang potensi anime tentang Hololive sedang dalam pembuatan beredar di internet. Namun, pada bulan Februari lalu, anggota Hololive JP Shirakami Fubuki mengklarifikasi bahwa Hololive Alternative bukanlah anime seperti yang dipikirkan kebanyakan orang. PV Teaser yang menarik tersebut merupakan video promosi dan bukan hal yang lebih dari itu.  Meskipun begitu ini tidak berarti menutup kemungkinan anime Hololive di masa depan akan benar-benar hadir.

Di sisi lain, penggemar hololive cukup yakin bahwa Hololive Alternative akan memasukkan video game dan pertunjukan langsung virtual yang menampilkan anggota Hololive. Premisnya adalah untuk menciptakan “dunia alternatif” di mana “siapa pun akan dapat hidup di dunia online menggunakan karakter 2D”. Yagoo mentweet Cover sedang mencari orang yang dapat mewujudkan kemungkinan tersebut.

Saat ini terlihat COVER  sedang mengalihkan fokusnya dari mengembangkan live streaming dan perangkat VR/AR ke mengembangkan bakat dan produksi VTuber mereka. Dalam mengejar tujuan ini, Hololive Alternative adalah kesempatan bagi VTuber untuk memperluas wawasan mereka. Menurut daftar pekerjaan, COVER juga mencari “Unity and client-side Engineer,” yang berarti jika da sebuah game yang akan di kembangkan, game yang akan datang ini kemungkinan akan memiliki fitur dan layanan online. Beberapa detail tambahan menunjukkan bahwa game tersebut akan ada di platform seluler. Namun semuanya sejauh ini secara kongkrit dijelaskan, ini menyisakan banyak ruang untuk berspekulasi.

Tidak sedikit penggemar hololive menduga bahwa salah satu project utama dari Hololive Alternative adalah game gacha yang berfokus pada cerita yang mirip dengan Genshin Impact. Manga yang akan datang dan proyek teaser MV mungkin akan membantu mengembangkan pengetahuan di balik cerita game tersebut. Mereka yang akrab dengan Genshin Impact akan tahu bagaimana miHoyo merilis serial komik berkualitas tinggi dalam penuh warna yang memperkenalkan pengetahuan dan latar belakang karakter dunia jauh sebelum game tersebut diluncurkan secara besar-besaran yang mengakibatkan game tersebut sukses besar. Jadi bagi COVER untuk mengambil pendekatan serupa bukanlah asumsi yang dibuat-buat. Jika game Hololive Alternative sukses, ada kemungkinan besar COVER akan terus berinvestasi dalam adaptasi anime dari game tersebut yang mirip dengan banyak waralaba game gacha terkenal lainnya.

Hololive alternative Game

Tidak menutup kemungkinan video game Hololive Alternative nantinya berupa game VR yang akan membawa konsep “interaksi virtual” ke level berikutnya. Pengalaman ini akan menjadi cara inventif bagi penggemar untuk membenamkan diri dengan beriteraksi secara langsung dengan VTuber favorit mereka – yang pada dasarnya menggabungkan “interaksi virtual dengan apa yang sudah virtual”. Kedengarannya seperti mengandai-andai, tetapi konsep serupa telah di terapkan dalam konser Hololive Cinderella Story. Terhubung dengan anggota hololive di kehidupan nyata saat streaming dan kemudian bertemu mereka dalam game terdengar seperti pengalaman baru yang akan dinikmati penggemar sepenuhnya. Semoga Hololive Alternative mampu mewujudkan ambisinya dan menjadi “dunia alternatif” yang benar-benar menakjubkan. Mengutip dari Hololive Alternative “Itu mungkin bisa terjadi, dan itu bisa terjadi – mengubah kemungkinan ini menjadi kenyataan bersama dengan semua orang.”

 

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button