GameNewsTechnologyVirtual Reality

Spesifikasi PSVR 2 atau PlayStation Virtual Reality 2

PlayStation VR 2 sedang dalam perjalanan, dan setelah awalnya diumumkan pada tahun 2021, Sony berbagi rincian lebih lanjut tentang perangkat keras game terbarunya di CES 2022. Sementara sejumlah pertanyaan masih perlu dijawab mengenai harga, tanggal rilis, atau seperti apa PSVR 2, apa yang telah ditunjukkan sejauh ini menunjukkan peningkatan besar dibandingkan dengan usaha terakhir Sony ke ruang VR. Menjelang rilis yang akan datang, kami telah mengumpulkan semua yang kami ketahui tentang headset di bawah ini, termasuk spesifikasi, fitur, dan tanggal rilis yang dikabarkan.

Apa itu PSVR 2?

Spesifikasi PSVR 2
Pengontrol PlayStation VR 2 Sense

Ini bukan pertama kalinya Sony menawarkan teknologi virtual reality, karena headset PSVR pertamanya dirilis sepanjang tahun 2016 untuk PS4. Di permukaan, PSVR asli adalah periferal yang menyediakan pendekatan entry-level untuk VR, membutuhkan beberapa kabel serta kamera dan lampu eksternal untuk pelacakan kepala dan pengontrol.

Penerus t memanfaatkan teknologi yang lebih kuat dalam desainnya, serta beberapa peningkatan kualitas hidup lainnya untuk perangkat eksklusif PS5 yang berpotensi menyaingi headset VR mainstream lainnya seperti Oculus Quest 2 dan Valve Index.

Fitur lain yang layak disebutkan adalah kamera pelacak mata yang mengikuti garis pandang Anda ketika Anda membidik atau melihat-lihat. Dengan menggunakan teknik rendering foveated canggih, teknologi ini berpotensi mampu menyesuaikan kualitas gambar untuk menentukan dan meningkatkan apa pun yang Anda fokuskan, sehingga menciptakan pengalaman visual yang lebih baik.

Keempat kamera terintegrasi dapat melacak Anda dan pengontrol DualSense secara real-time, dengan data yang digunakan untuk mencerminkan tindakan Anda di dalam permainan. Jika Anda bukan penggemar menggunakan Kamera PS4 untuk VR, metode ini memangkas banyak lemak dari pengalaman.

Jika Anda ingin merasakan PSVR saat ini, sekarang saat yang tepat untuk melacak salah satu bundel yang telah dirilis selama bertahun-tahun. Ada perpustakaan game VR yang solid yang diterbitkan di PS4, tetapi jika Anda berencana untuk menggunakannya di PS5 melalui kompatibilitas ke belakang, Anda perlu mendapatkan adaptor khusus sehingga kamera kit yang lebih tua dapat bekerja pada konsol terbaru Sony.

Harga dan versi PSVR 2

Belum ada kabar dari Sony tentang bundel PSVR 2 yang akan tersedia, tetapi jika mengikuti jalur yang sama dengan PSVR asli, harapkan versi mandiri dan edisi khusus yang mencakup game gratis. Contoh-contoh seperti itu dari masa lalu termasuk bundel PSVR yang dikemas dengan game seperti VR Worlds, The Elder Scrolls V: Skyrim Anniversary Edition, dan mega-pack lima game.

Adapun harga, itu juga masih harus dilihat. Anda akan ingin menguatkan rekening bank Anda, karena PSVR pertama dijual seharga $ 300 ketika pertama kali diluncurkan. Harga yang lebih tinggi pada PSVR 2 adalah mungkin, tetapi Anda mungkin dapat mengharapkan headset untuk harga kompetitif terhadap sesuatu seperti Meta Quest 2 yang harganya $ 300 untuk model 128GB-nya.

Tanggal rilis PSVR 2

Sekali lagi, tidak ada informasi konkret tentang tanggal rilis, tetapi sebuah laporan dari tahun lalu mengklaim bahwa perangkat tersebut akan dirilis selama musim liburan 2022. Itu adalah taruhan yang aman, karena tidak hanya jendela Q4 periode yang menguntungkan untuk menjual perangkat keras baru, tetapi juga memberi Sony waktu untuk menopang stok sementara itu berkaitan dengan konsekuensi dari kekurangan semikonduktor global yang sedang berlangsung.

PS5 masih sulit didapat lama setelah diluncurkan, dan memastikan bahwa ia memiliki jumlah konsol maksimum di pasaran sebelum meluncurkan perangkat niche membuat strategi yang baik.

Jika Anda adalah pemilik PS5 yang tertarik dengan headset, Anda harus mendaftar ke milis Sony di situs web resmi PlayStation.

Spesifikasi PSVR 2

Sony telah menumpahkan beberapa detail tentang internal PSVR 2. Langsung dari gerbang, Anda dapat mengharapkan resolusi 2.000×2.040 per mata menggunakan layar HDR OLED, bidang pandang 110 derajat, dan refresh rate maksimum 120Hz. Selain itu, headset dan pelacakan pengontrol menggunakan sensor gerak enam sumbu, empat kamera di seluruh pengaturan, dan kamera IR untuk pelacakan mata. Audio diberi makan melalui jack 3.5mm tradisional, dan secara dinamis beradaptasi dengan posisi dan gerakan kepala Anda.

Yang paling penting, headset akan terhubung ke konsol melalui koneksi USB-C tunggal, memangkas koleksi kabel yang berantakan dari headset PSVR pertama dengan jumlah yang cukup besar.

Controller

Spesifikasi PSVR 2
Tampilan yang lebih rinci pada pengontrol PSVR 2 Sense

Sementara PSVR memanfaatkan tongkat PlayStation Move yang ada yang diperkenalkan di era PS3, PSVR 2 memiliki apa yang disebut pengontrol Sense. Pada dasarnya, ini memberi Anda masukan dalam permainan, serta umpan balik haptic, pemicu adaptif, pelacakan presisi, dan deteksi sentuhan jari, semuanya digabungkan menjadi apa yang tampaknya menjadi desain ergonomis yang menarik. Sony mengatakan bahwa bentuk seperti bola dimaksudkan untuk menciptakan pengalaman bermain game yang realistis dan alami melalui desain yang seimbang, sementara tindakan lain dapat dilakukan dengan menggunakan tongkat analog tradisional dan tombol aksi yang terbagi di kedua pengontrol.

Anda masih dapat dengan mudah menangkap gameplay karena ada tombol Bagikan khusus, dan bahkan ketika Anda tidak secara aktif menekan tombol, deteksi sentuhan jari akan menendang sehingga pengontrol Sense dapat mereplikasi gerakan dan gerakan alami. Umpan balik Haptic – yang dapat Anda baca lebih lanjut tentang di bawah ini – adalah bagian dari desain pengontrol Sense dan mengikuti jalur yang sama dengan pengontrol DualSense dengan pemicu adaptif dan getaran halus.

PSVR vs PSVR 2

Dibandingkan dengan penggantinya, headset PSVR terlihat benar-benar primitif. Berikut adalah cara mereka dibandingkan satu sama lain:

PSVR PSVR 2
Resolusi 960 x 1080 per mata 2.000 x 2.040 per mata
Menampilkan OLED OLED HDR
Refresh rate 90Hz, 120Hz 90Hz, 120Hz
Bidang pandang 100° 110°
Pelacakan Sensor gerak enam sumbu dan pelacakan LED melalui PlayStation Move Sensor gerak enam sumbu, empat kamera untuk headset dan pengontrol, kamera IR untuk pelacakan mata
Umpan balik Getaran pada headset Tidak
Audio input 3.5mm input 3.5mm
Koneksi USB dan HDMI USB dan HDMI

Spesifikasi PlayStation VR2 Sense Controllers

Tombol [Kanan] Tombol PS, tombol Opsi, Tombol tindakan (Lingkaran / Salib), tombol R1, tombol R2, tombol
Stick Kanan / R3[Kiri]PS, Tombol Buat, Tombol tindakan (Segitiga / Persegi), tombol L1, tombol L2, Tombol Left Stick / L3[Kiri] PS, Tombol Buat, Tombol Tindakan (Segitiga / Persegi), tombol L1, tombol L2, Tombol Left Stick / L3
Penginderaan/ Pelacakan Sensor Gerak: Sistem penginderaan gerakan enam sumbu (giroskop tiga sumbu + akselerometer tiga sumbu)
Sensor kapasitif: Finger Touch DetectionIR LED: Pelacakan Posisi
Umpan balik Efek Pemicu (pada tombol R2/L2), Umpan Balik Haptic (dengan aktuator tunggal per unit)
Pelabuhan USB Type-C Port
Komunikasi Bluetooth Ver5.1
Baterai Jenis: Baterai Isi Ulang Lithium-ion Built-in

Umpan balik Haptic

Spesifikasi PSVR 2
Menyapa saudara KANDUNG PSVR 2 DualSense

Pengontrol DualSense menaikkan standar untuk umpan balik haptic pada konsol game, dan PSVR 2 memiliki perangkat keras sendiri yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game. Menurut Sony, headset ini mampu memberikan getaran lembut dan responsif selama gameplay dengan menggunakan motor built-in. Secara teori, ini berarti bahwa permainan dapat membiarkan Anda merasakan denyut nadi karakter Anda yang tinggi selama saat-saat tegang, benda-benda yang lewat di dekat kepala Anda, atau bahkan sensasi kecepatan ketika Anda menekan akselerator pada kendaraan.

Sedangkan untuk pengendali PSVR 2, masing-masing memiliki pemicu adaptif dan mampu memberikan getaran yang berkisar dari pulsa bernuansa hingga intens. Ini adalah pengaturan yang mirip dengan DualSense, yang dirancang untuk mereplikasi umpan balik dunia nyata tergantung pada permainan yang Anda mainkan.

Game apa yang akan dimiliki PSVR 2?

00:06 / 01:51

 

Sony belum mengkonfirmasi banyak game untuk PSVR 2, tetapi beberapa judul dalam pengembangan memang menyediakan berbagai genre dan daya tarik. Horizon Call of the Wild adalah spin-off dari seri Horizon gerilya yang populer dan akan memungkinkan Anda bermain sebagai karakter baru yang mengeksplorasi dunia pasca-apokaliptik dari pemberontakan robot. Judul peluncuran ini sedang dikembangkan oleh Firesprite, sebuah studio yang diakuisisi Sony pada tahun 2021.

Selanjutnya adalah Runner, sedang dikembangkan oleh Truant Pixel. Bagian anime, bagian simulator pengejaran panas sepeda motor ekstrim, Runner menggabungkan pengaruh Akira-nya untuk membuat urutan pengejaran sepeda motor yang intens dan juga akan tersedia di platform VR lainnya. Terakhir, Samurai Slaughter House menggunakan gaya seni yang unik untuk memberikan beberapa pertempuran jarak dekat yang brutal. Seperti Runner, ini akan menjadi game multiplatform untuk perangkat VR.

Apakah PSVR 2 kompatibel?

Ada sejumlah kecil game yang dikonfirmasi untuk PSVR 2, meskipun kompatibilitas ke belakang dengan PSVR belum dikonfirmasi. Di CES pada bulan Januari, jurnalis game Stephen Totilo meminta Sony untuk klarifikasi tentang status kompatibilitas belakang PSVR 2 dan diberitahu bahwa Sony yang “tidak memiliki apa-apa lagi untuk diumumkan saat ini.”

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button