NewsTechnologyVirtual WorldVsinger

Metaverse Kpop Sudah Memulai Start Awal

Sulit untuk mengabaikan meningkatnya media dan budaya Korea Selatan di negara-negara lain. Sejak Psy menghiasi telinga dunia dengan lagunya yang sekarang ikonik ‘Gangnam Style‘ pada tahun 2012, popularitas musik, film, dan televisi Korea Selatan telah meroket di tempat-tempat seperti Amerika Serikat. Tapi itu tidak seberapa dibandingkan dengan popularitas media ini di negara asalnya yang kini sudah memasuki tahap metaverse Kpop.

Metevarse KPop

Superstar yang bertindak seperti BTS saja telah menghasilkan miliaran untuk ekonomi Korea Selatan. Industri K-pop sangat besar, negara ini benar-benar bergantung padanya sebagai salah satu sumber utama pendapatan nasional bruto di sebelah Samsung. Perpaduan budaya dan teknologi ini memimpin negara ini ke jalan baru yang menarik; Yang paling penting adalah metaverse kpop.

Pada bulan September 2021, Kementerian Sains dan TIK Korea Selatan mengumumkan rencana untuk menginvestasikan 7,5 miliar Dollar ke dalam teknologi digital pada tahun 2025; 9% ($ 2,2 miliar) di antaranya akan digunakan untuk teknologi “terkait metaverse” . Menurut sebuah laporan oleh perusahaan analisis dan konsultasi GlobalData yang berbasis di London, negara ini akan menggunakan sebagian dari pendanaan ini untuk mengembangkan metaverse Kpop sendiri.

Metevarse KPop

“Akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft baru-baru ini telah menyoroti pentingnya game dalam pengembangan platform metavers dan Korea Selatan secara unik ditempatkan dengan baik untuk menjadi salah satu pemimpin dunia dalam metavers,” kata Rory Gopsill, Analis Pascasarjana di Tim Tematik GlobalData. “Negara ini adalah rumah bagi pasar game yang sangat besar, dengan para pemimpin cloud gaming seperti Netmarble. Selanjutnya, industri hiburan Korea Selatan telah merangkul konser virtual, dan sedang mengembangkan metaverse Kpop.

Menurut Kementerian Sains dan TIK, negara ini berencana mengembangkan 220 perusahaan metaverse yang didukung oleh 40.000 pakar industri pada tahun 2026. Ini akan memposisikan negara sebagai pasar metaverse terbesar kelima di dunia dan muali melibatkan industri kpop.

Metaverse Kpop
Metaverse Kpop – Girlband Aspea dengan Virtual member

“Hype metaverse mungkin telah berkembang dengan rebranding Facebook, tetapi Korea Selatan telah menyerbu ke depan dengan rencana metaverse sejak awal 2021,” tambah Gopsill. “Misalnya, pada September 2021, pemerintah telah berkomitmen untuk menginvestasikan $ 2,2 miliar ke dalam teknologi terkait metavers seperti cloud dan blockchain pada tahun 2025. Pengumuman terbaru ini menguatkan apa yang telah dikonfirmasi oleh serangkaian inisiatif: bahwa metaverse akan memainkan peran sentral dalam ekonomi Korea Selatan. ”

Sepertinya semua orang, dan maksud saya semua orang, sedang mengembangkan dunia virtual mereka sendiri. Awal pekan ini kami mengetahui bahwa bahkan Walmart menciptakan metaverse belanja virtualnya sendiri yang akan mendukung NFTs serta crypto. Video game ramah anak yang populer Roblox juga tampaknya ikut serta dalam aksi tersebut.

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button