Augmented realityNewsTechnologyVirtual Reality

Meta Mengembangkan Airplane Travel Mode untuk Quest

Meta Mengembangkan Airplane Travel Mode untuk Quest, Meningkatkan Pengalaman VR di Udara

Virtual Reality (VR) semakin populer di kalangan penggemar teknologi, dan perangkat VR yang paling terkenal adalah Quest dari Meta. Namun, pengguna Quest sering menghadapi kendala ketika menggunakan perangkat ini di dalam pesawat. Masalah tersebut segera mendapatkan perhatian dari Meta, dan mereka sedang mengembangkan Airplane Travel Mode untuk meningkatkan pengalaman VR di udara.

Mengapa Airplane Travel Mode Penting untuk Pengguna Quest?

Airplane Travel Mode sangat penting bagi pengguna Quest yang ingin menikmati VR saat bepergian menggunakan pesawat. Saat ini, Quest memiliki masalah dalam melacak gerakan ketika berada di dalam kendaraan yang bergerak, termasuk pesawat dan mobil. Ketika pesawat sedang lepas landas, mendarat, atau berbelok, pengguna Quest akan mengalami gangguan dalam penggunaan VR karena gerakan yang tidak konsisten. Hal ini membuat pengalaman VR menjadi tidak nyaman dan bahkan mengganggu.

Meta menyadari tantangan ini dan tengah mengembangkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam tanggapannya terhadap pertanyaan seorang pengguna di media sosial, CTO Meta, Andrew Bosworth, mengungkapkan bahwa mereka sedang bekerja untuk membuat Quest lebih cocok digunakan sebagai hiburan di pesawat. Meta menggunakan Inertial Measurement Unit (IMU) untuk melacak gerakan perangkat, namun gerakan kendaraan yang berakselerasi menjadi tantangan tersendiri. Meta juga menggunakan kamera pada perangkat untuk melengkapi data dari IMU. Bosworth mengonfirmasi bahwa Meta sedang bekerja untuk memperbaiki masalah ini.

Perbandingan dengan Solusi Lain yang Sudah Ada

Tidak hanya Meta, beberapa perusahaan lain juga telah mencoba menemukan solusi untuk masalah serupa. Sebagai contoh, Holoride, start-up yang didirikan bersama oleh Audi, bekerja sama dengan HTC untuk menghubungkan headset Vive Flow ke dalam mobil menggunakan perangkat tambahan yang dapat mengkompensasi gerakan relatif kendaraan. Namun, belum ada informasi pasti mengenai kapan solusi ini akan diterapkan pada perangkat VR konsumen milik Meta.

Baca juga: Bermain Super Fruit Ninja di Apple Vision Pro!

Selain itu, Apple juga dikabarkan tengah mengembangkan Airplane Travel Mode untuk headset Vision Pro mereka. Mode ini diklaim dapat memperbaiki visual VR saat digunakan di pesawat. Meskipun belum ada informasi rinci mengenai cara kerjanya, kemungkinan headset ini akan beralih ke mode pelacakan visual khusus yang mengabaikan IMU. Meski dengan akurasi pelacakan yang lebih rendah, setidaknya pengguna dapat menggunakan headset ini di dalam pesawat.

Baca juga: Mafumafu Ungkap Pahitnya Perceraian dan Fitnah Yang Ia Alami

Meta kemungkinan akan mengikuti langkah Apple dengan mengembangkan Airplane Travel Mode untuk Quest mereka. Jika Meta ingin tetap kompetitif dengan Vision Pro, yang diluncurkan pada tanggal 2 Februari mendatang, kemungkinan kita akan melihat pengembangan ini dalam waktu dekat. Namun, belum ada informasi resmi mengenai waktu peluncuran mode ini dari Meta.

Pengembangan Airplane Travel Mode untuk Quest merupakan kabar baik bagi pengguna VR yang sering bepergian. Dengan solusi yang dikembangkan oleh Meta, pengguna Quest dapat menikmati pengalaman VR yang lebih nyaman dan lancar saat berada di dalam pesawat. Meskipun masih belum ada jadwal resmi, kita dapat mengikuti perkembangan terbaru melalui akun Instagram Andrew Bosworth, yang sering melakukan tanya jawab dengan pengguna.

Sumber

Sekai Joucho

Penggemar Virtual Singer Isekai Joucho sekaligus penggemar grup musik V.W.P (Virtual Witch Phenomenon) beserta anggotanya yang dibawah naungan Kamitsubaki Studio.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button