News

Mangaka Fire 7 Mencari Komikus Terbaik di Indonesia!

Platform Koomik dan komunitas KMI kembali hadirkan lomba komik Indonesia bertajuk Mangaka Fire 7 yang terbuka untuk seluruh kreator tanah air.

Siaran Pers – Perkembangan industri kreatif komik di Indonesia semakin tak terbendung, dengan ribuan karya dari para komikus di seluruh negeri yang terbit setiap harinya. Salah satu pendorong lahirnya karya komik terbaik di Indonesia adalah platform komik online Koomik dan KMI (Komunitas Mangaka Indonesia) yang masih terus aktif mendukung para komikus tanah air. Melihat besarnya potensi para komikus dalam negeri, Koomik dan KMI kembali mempersembahkan lomba komik terbaik bertajuk Mangaka Fire 7.

Mangaka Fire 7 digelar secara online pada tanggal 24 Agustus hingga 7 Oktober 2023. Lomba komik terbaik yang telah diadakan selama 7 tahun ini selalu mengusung kebebasan kepada para komikus untuk melahirkan karya terbaiknya. Ajang ini tidak hanya menjadi lomba saja, namun juga menjadi sebuah panggung gemilang yang mendukung kreativitas tanpa batas dari komikus di seluruh penjuru tanah air.

Memberikan kebebasan untuk lahirnya komik terbaik dari Tanah Air

Brian Tanutama Zunaedy selaku founder KMI dan platform Koomik menyatakan bahwa Mangaka Fire 7 ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan kebebasan kepada setiap komikus Indonesia untuk mengekspresikan diri mereka. “Harapannya dari kebebasan yang diberikan (dari kompetisi ini) bisa muncul berbagai IP (Intellectual Property) yang unik yang dapat dikembangkan oleh para komikus yang ikut serta.” tambahnya.

Tema utama yang diangkat oleh Mangaka Fire 7 kali ini adalah “Radical Dreamer”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan semangat sejati para komikus di Indonesia, yaitu mereka yang tanpa ragu melangkah dan terus berjuang mewujudkan mimpi mereka dalam ekosistem industri kreatif yang terus berubah.

Apa saja kategori yang dilombakan dan bagaimana cara untuk mengikuti Mangaka Fire 7?

Ada dua kategori utama yang bisa diikuti oleh para peserta dalam lomba komik Mangaka Fire 7 yaitu kategori cetak dan kategori webtoon. Untuk kategori cetak peserta dapat membuat komik menggunakan format hitam-putih dengan tebal minimal 16 halaman hingga maksimal 48 halaman. Sedangkan untuk kategori webtoon, peserta dapat membuat komik dengan panjang minimal 30 panel hingga maksimal 60 panel dalam gambar hitam putih atau full colour tergantung kebutuhan cerita komik yang dibuat.

Sudah sejak lama kompetisi Mangaka Fire ini mengusung konsep “Indonesia Online Comic Competition”. Karena itu, untuk mengikuti kompetisi Mangaka Fire 7, peserta bisa langsung mengunggah komik secara online ke platform Koomik dengan memilih genre “Mafi7”. 

Peserta boleh mendaftar sebagai individu atau sebagai tim. Peserta juga bisa mengikuti kedua kategori yang ada dan bisa mengirimkan lebih dari satu karya di masing-masing kategori. Aturan lengkap mengenai tata cara mengunggah komik bisa dibaca langsung melalui situs Koomik.

Submisi untuk mengirim karya dalam kompetisi Mangaka Fire 7 sudah dibuka mulai dari tanggal 24 Agustus hingga tanggal 7 Oktober 2023. Setelah masa submisi ditutup, para dewan juri melakukan penjurian komik yang berlangsung pada tanggal 8 Oktober hingga 14 November 2023. Para pemenang yang terpilh akan diumumkan pada acara Comic Paradise yang akan berlangsung pada tanggal 18-19 November 2023 di Jogja.

Total hadiah 55 juta Rupiah untuk mendukung karya komikus Indonesia agar bisa mendunia!

Tahun ini, Mangaka Fire 7, didukung oleh sponsor-sponsor yang luar biasa, sehingga karya setiap teman-teman akan dilihat bukan hanya secara lokal tapi juga internasional. Total hadiah sebesar 55 juta Rupiah dipersembahkan oleh Koomik dan KMI sebagai penyelenggara serta dukungan dari HIVE, by.U, Clip Studio Paint, dan TipTip sebagai sponsor utama. Berikut ini adalah detail hadiah yang bisa diraih oleh para peserta dari kedua kategori:

  • Juara I – uang tunai Rp10.000.000 + 12-month Clip Studio Paint EX + Piala Spesial
  • Juara II – uang tunai Rp7.000.000 + 12-month Clip Studio Paint EX
  • Juara III – uang tunai Rp4.000.000 + 12-month Clip Studio Paint EX
  • Juara IV dan V – uang tunai Rp2.000.000 + 12-month Clip Studio Paint EX
  • Juara Favorit – uang tunai Rp2.500.000

Didukung oleh dewan juri dari komikus yang kredibel!

Untuk mencari komikus terbaik di tanah air, Mangaka Fire 7 menggandeng para komikus berbakat yang telah terbukti menjadi tonggak terdepan industri komik Indonesia sebagai dewan juri. Ada tiga juri yang terlibat dalam kompetisi ini yaitu Sweta Kartika (kreator Grey & Jingga, H2O Reborn, & Journal of Terror), Kurnia Harta Winata (kreator Pupus Putus Sekolah dan Hingga Usai Usia), dan S.M.S (illustrator seri webtoon Terlalu Tampan). Sebagai “Indonesia Best Comic Competition”, sudah menjadi keharusan bagi Mangaka Fire untuk menggandeng para komikus terbaik sebagai dewan juri.

Ketiga juri ini memberikan penilaian berdasarkan dua aspek utama yaitu 50% untuk aspek cerita dan 50% untuk aspek gambar (visual). Pemenang juara favorit ditentukan berdasarkan jumlah pembelian terbanyak di tiptip.

Kontak dan Informasi lebih lanjut

Informasi dan detail lebih lanjut mengenai event ini bisa langsung disimak pada situs resmi mangakafire.com . Untuk para peserta yang membutuhkan bantuan lebih lanjut juga bisa menghubungi tim KMI melalui platform WhatsApp, Facebook, Instagram, serta Discord.

WhatsApp: +6285179620080

Facebook: https://www.facebook.com/groups/komunitas.mangaka.indonesia

Instagram: https://www.instagram.com/koomik.id/

Discord: https://discord.gg/aHDAvutNMD

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button