Technology

Headset VR Kini Dapat Membuat Anda Mengelus Kucing Virtual.

Headset VR kini dapat memberikan sensasi lembutnya mengelus bulu kucing.

Headset VR di tangan para peneliti yang berbasis di Universitas Nasional Taiwan dan Universitas Nasional Chengchi Taiwan menjadi sebuah penelitian unik. Mereka sedang mengerjakan pengontrol satu-satunya yang menggunakan teknologi Headset  VR dan bulu palsu untuk mensimulasikan sensasi memeluk kucing digital, menghasilkan apa yang dapat dengan mudah dianggap sebagai yang paling aneh. Perangkat haptic ini sedang dalam pengembangan.

Dipresentasikan awal minggu ini selama konferensi Interaksi Komputer-Manusia 2021, HairTouch, sebagaimana dirujuk oleh tim, menampilkan desain yang unik, meskipun rumit. Dengan mengontrol panjang dan arah sepetak kecil bulu palsu yang dipasang di bawah jari telunjuk pengguna. Perangkat ini mampu meniru perasaan membelai hewan berbulu kecil itu di Headset VR. Saat pengguna membelai punggung, kepala, dan perut kucing virtual, pengontrol mengubah posisi dan panjang “bulu” (terdiri dari sikat kosmetik standar) dalam kaitannya dengan gerakan dunia nyata mereka menggunakan Vive Tracker yang dipasang ke bagian belakang perangkat.

Selain bulu, perangkat HairTouch juga dapat digunakan untuk mensimulasikan berbagai tekstur lainnya di Headset VR. Dalam video yang disediakan, kami melihat pengguna mengambil sampel berbagai sarung bantal, masing-masing menampilkan kekakuan, kekasaran, dan perbedaan ketinggian permukaan yang unik. Tentu saja, sistem yang sama ini, secara teoritis, dapat digunakan untuk berbagai kasus penggunaan lainnya, seperti simulasi kontak fisik manusia; bukan ide gila di dunia pasca COVID.

hairtouch chi

Meski begitu, HairTouch adalah perangkat prototipe perangkat VR yang masih dalam tahap awal pengembangan. Oleh karena itu saya tidak akan mengharapkan rilis komersial dalam waktu dekat, jika sama sekali. Namun, setelah teknologinya matang, saya dapat melihat perangkat serupa — perangkat yang lebih ramping — digunakan untuk berbagai tujuan.

Bayangkan memakai headset VR untuk “mengunjungi” kebun binatang terpencil. Atau mendaftar di sekolah tata rias virtual dan belajar cara memotong rambut dari kenyamanan rumah Anda. Oke, ini adalah beberapa contoh yang cukup lemah, tetapi Anda mengerti maksud saya.

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button