NewsTechnologyVirtual Reality

Arkio, Aplikasi Arsitektur & Desain VR Tersedia Gratis Di Quest

Ketika datang ke desain 3D, memiliki alat yang tepat yang Anda inginkan untuk membuat alur kerja yang lancar dan mulus sangat penting. Arkio adalah alat VR kolaboratif yang apik yang memungkinkan Anda membuat bangunan 3D, pemandangan kota virtual, merombak ruangan seperti dapur atau kamar mandi, meninjau model 3D yang ada, dan membuat adegan Unity yang mencakup triggers dan collider, semuanya dalam VR dengan 10 kolaborator lainnya.

Arkio memungkinkan Anda menggunakan pengontrol Meta Quest untuk mengambil, mencubit, dan menarik objek di seluruh adegan Anda. Tentu saja, ada menu yang dapat Anda akses untuk menjatuhkan bentuk dan objek yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam adegan Anda. Aplikasi ini juga menggunakan teknologi pelacakan tangan untuk memberikan pengalaman desain VR yang terasa alami sambil menawarkan alat dan fitur yang sama dengan pengontrol Anda.

Dibangun ke arkio adalah integrasi Unity dua arah yang akan memungkinkan Anda dan desainer lain berkolaborasi dalam VR saat merancang dan mengedit lingkungan game. Anda kemudian dapat dengan mudah mengekspor hasilnya kembali ke Unity langsung dari Quest. Semua ini membuat pembuatan dinding, jendela, pintu, tangga, dan bangunan lengkap menjadi proses yang lebih sederhana dan membantu mempercepat proses.

Jika Anda mencari beberapa tips untuk membangun visi Anda, Anda dapat mengunjungi Markas Akrio, yang dibangun di dalam Arkio, dan memeriksa pusat pelatihan, galeri, dan auditorium mereka di VR.

Untuk membuat lingkungan adegan atau game, Anda dan kolaborator lain melompat menggunakan avatar Meta Anda. Setiap orang di ruangan itu dapat melihat ruang kerja dari berbagai perspektif yang berbeda. Setiap perspektif memungkinkan Anda untuk membuat perubahan dan berkomunikasi dengan kolaborator lain.

Arkio
  • Tampilan overhead: Tampilan overhead yang memungkinkan Anda melihat seluruh pemandangan sebagai blok kota atau lingkungan. Dari perspektif ini, Anda dapat melihat atap dan berjalan di sekitar ruang kerja Anda untuk melihat bagaimana bangunan dan lanskap alam taman dapat bekerja sama secara harmonis. Anda bahkan dapat melihat bagaimana lalu lintas akan terpengaruh.
  • Pemandangan jalan: Streetview secara harfiah memungkinkan Anda masuk ke desain VR Anda untuk melihat bagaimana tampilannya dalam kehidupan nyata. Anda bahkan dapat mengecilkan bangunan dengan cepat dan melihat apakah itu dapat mengubah tampilan lingkungan Anda.
  • POV: Melalui perspektif POV yang sama, Anda dapat masuk ke dalam bangunan atau rumah dan mendesain kamar lengkap dengan furnitur, tangga, dan warna dinding. Anda juga dapat memposisikan ulang dinding atau membuat langit-langit Anda lebih tinggi.

Selain menggunakan VR dan pelacakan tangan, Arkio menggunakan pemodelan Passthrough, memungkinkan Anda membuat ruang kerja realitas campuran di mana Anda dapat membuat ulang ruangan sebenarnya tempat Anda berada dan menggabungkan aset virtual 3D lainnya seperti meja, sofa, dan lampu. Dari sana Anda dapat membawa elemen ruang luar yang telah Anda buat di VR melalui jendela portal dari dunia nyata ke dunia VR di luar.

Arkio

Ada juga fitur pemodelan volumetrik besar yang dibangun untuk VR dan perangkat seluler yang membuat objek bangunan menggunakan konten digital 3D terasa lebih dekat untuk membuat objek melalui pembuatan model fisik.

Seperti disebutkan sebelumnya, Akio memungkinkan hingga 10 kolaborator dalam satu adegan. Namun, Anda dapat mengundang hingga 14 pengguna tambahan untuk memberikan umpan balik verbal, melakukan tur pekerjaan Anda, dan menambahkan anotasi.

Bekerja di Arkio itu sederhana. Anda dapat memulai dengan batu tulis kosong atau Anda dapat mengimpor gambar referensi untuk pekerjaan desain cepat, model 3D, dan adegan yang dibangun di Unity, Rhino, SketchUp, atau melalui salah satu dari banyak aplikasi LiDAR yang tersedia di Apple atau Android store.

Arkio

“Kami sangat antusias untuk meluncurkan Arkio di Quest Store dan untuk menunjukkan kepada dunia kemungkinan luar biasa dari Arkio dan Meta Quest,” kata Hilmar Gunnarsson, Pendiri &AMP CEO Arkio dalam siaran pers resmi. “Mampu memadukan realitas dengan pemodelan passthrough adalah keajaiban dan membuka banyak kasus penggunaan unik bagi siapa saja yang melakukan desain spasial. Dengan integrasi Unity, impor iPhone LiDAR, komponen Arkio, kemampuan tinjauan desain baru, dan kantor pusat Arkio yang baru, ada begitu banyak hal baru untuk dilihat dan dialami di Arkio on Quest.

Arkio tersedia secara gratis di toko aplikasi Meta. Namun, perusahaan menawarkan model berlangganan untuk berbagai fitur dan juga tersedia di platform lain seperti Steam, Windows, dan Mac, serta perangkat seluler iOS dan Android.

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button