Vtuber

MMD Hololive, Buat Animasi 3D dengan Karakter Hololive!

Bagi yang sudah lama berkutat dalam dunia popkultur internet Jepang, MikuMikuDance atau lebih populer dengan istilah MMD bukanlah hal yang asing. Karena kepopulerannya, tidak sedikit animasi 3D dibuat menggunakan MMD sebagai alat pengolahnya, termasuk MMD Hololive (MMDホロライブ (hololive.tv)).

Baca Juga: https://virtuacorner.com/masa-depan-pemodelan-dengan-model-virtual-1178/

Sekilas tentang MMD

MikuMikuDance (biasa disingkat MMD) adalah program animasi freeware yang memungkinkan pengguna menghidupkan dan membuat film animasi 3D, awalnya diproduksi untuk karakter Vocaloid Hatsune Miku. Program MikuMikuDance sendiri diprogram oleh Yu Higuchi (HiguchiM) dan Produksinya dibuat sebagai bagian dari VOCALOID Promotion Video Project (VPVP)

Program ini memungkinkan pengguna untuk mengimpor model 3D ke dalam ruang virtual yang dapat dipindahkan dan dianimasikan sesuai dengan keinginan pengguna. Penempatan figur 3D maupun ekspresi wajah pada figur tersebut dapat diubah selama model memiliki memiliki data yang diperlukan. Selain itu data gerak dapat diterapkan pada model untuk membuatnya bergerak.

MMD Hololive

Hololive dan MMD sendiri bukan sesuatu yang asing. Hololive sudah menerbitkan 13 model dari para talentnya. Model tersebut adalah:

  1. Yozora Mel
  2. Yuzuki Choco
  3. Murasaki Shion
  4. Tokino Sora
  5. Aki Roshental
  6. Robocosan
  7. Natsuiro Matsuri
  8. Akai Haato (Haachama)
  9. Nekomata Okayu
  10. Minato Aqua
  11. Inugami Korone
  12. Sakura Miko 1 (Kostum lama)
  13. Sakura Miko 2 (Kostum baru)

Setelah merilis 13 model dari para talentnya, Hololive merilis 7 model berikutnya pada tanggal 2 Agustus 2021. Ketujuh talent tersebut adalah

  1. Houshou Marine
  2. Amane Kanata
  3. Tsunomaki Watame
  4. Yukihana Lamy
  5. Momosuzu Nene
  6. Shishiro Botan
  7. Omaru Polka.

Pada tanggal tersebut juga dilakukan update pada model Robocosan. Sehingga total terdapat 20 model yang telah dirilis. Penggunaan material relatif bebas sesuai dengan kreativitas pengguna asalkan sesuai dengan panduan penggunaan karya derivatif yang telah ditetapkan. Mikumikudance Hololive tentu saja menambah semarak dunia mikumiku dance yang sudah diwarnai oleh ikon-ikon pop kultur mulai dari Touhou, Puella Magi Madoka Magica, bahkan hingga Genshin Impact, dan tentu saja keluarga vocaloid Hatsune Miku yang merupakan pionir serta tujuan akan eksistensi program MikuMikuDance.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button