NewsTechnology

Apple Akan Rilis Kacamata dengan Teknologi AR

April lalu, CEO Apple Tim Cook menyatakan bahwa teknologi augmented reality (AR) adalah ” sangat penting ” untuk masa depan perusahaan. Selama WWDC minggu lalu, perusahaan mengembangkan AR-nya lebih jauh dengan mengungkapkan navigasi AR untuk Apple Maps, alat pemodelan 3D yang mudah digunakan yang disebut RealityKit Object Capture , dan ARKit 5 dengan pelacakan wajah dan penangkapan gerak yang ditingkatkan.

Jelas bahwa Apple bekerja keras untuk membangun ekosistem AR dari alat luar biasa yang didukung oleh produk seperti iPhone atau iPad.

Meskipun demikian, ada juga banyak desas-desus yang beredar tentang perusahaan yang meluncurkan kacamata realitas campurannya sendiri. Pada satu titik, rumor mulai beredar tentang kemungkinan rilis pertengahan 2021 . Namun, menurut laporan terbaru dari analis Ming-Chi Kuo , yang memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman melaporkan di Apple. Informasi yang baru-baru ini dikumpulkan dari rantai pasokan sekarang menunjukkan kemungkinan rilis Q2 2022 untuk perangkat keras realitas campuran yang sangat dinanti.

Tanggal ini masuk akal karena beberapa alasan. Pertama, alat AR terbaru Apple baru saja sampai ke tangan pengembang. Menunda kacamata realitas campurannya dapat memberi cukup waktu bagi kreator untuk membiasakan diri dengan platform baru. Dan mulai menyusun pengalaman AR yang akan siap diluncurkan. Garis waktu ini juga masuk akal jika Anda mempertimbangkan ketersediaan pemasok. Dalam laporan baru oleh MacRumors , publikasi menunjukkan bagaimana Genius Electronic Optical , pemasok lensa utama untuk banyak perusahaan, akan mendapat manfaat dari peluncuran proyek AR dan VR mendatang dari Facebook dan Sony.

Apple Glasses

“Kami memperkirakan Apple akan meluncurkan perangkat AR HMD [head-mounted display] pada Q2 2022. Perangkat tersebut akan memberikan pengalaman AR video tembus pandang, sehingga lensa juga diperlukan, dan Genius juga merupakan pemasok utama,” laporan tersebut mengatakan.

Konsep Kacamata Apple 
Selain fungsionalitas realitas campuran, headset ini juga dapat menawarkan pelacakan tangan dan mata berkat sejumlah kamera yang terletak di dalam dan di luar kacamata. Menurut laporan sebelumnya, jumlah kamera onboard bisa mencapai 15.

Menurut Kuo, “Selain mengumpulkan data dari dunia luar, Apple diharapkan dapat melacak pergerakan mata pengguna dengan tepat. Ini akan memungkinkan mereka untuk meningkatkan fidelitas rendering yang nyata. Dengan hanya menargetkan apa yang sedang dilihat pengguna, bukan seluruh bidang pandang manusia. Teknik ini disebut rendering foveated .”

Dalam laporan Kuo sebelumnya , ia menyatakan bahwa headset realitas campuran akan berharga sekitar $1.000. Detail itu masih belum berubah. Adapun demografi target utama perangkat keras, masih terlalu dini untuk mengatakannya. Sangat mungkin bahwa kacamata AR Apple akan dipasarkan sebagai perangkat kelas atas. Yang dirancang khusus untuk penggunaan perusahaan, dan tidak dibuat untuk konsumen umum.

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button