NewsTechnologyVirtual Reality

Sekarang Apple Memberi Dukungan Vision Pro di WebXR

Apple Membawa Pengalaman Virtual Reality yang Lebih Baik dengan Dukungan Vision Pro ke dalam teknologi WebXR

Apple telah mengumumkan penambahan dukungan untuk sistem input Vision Pro ke dalam teknologi WebXR. Dari hal tersebut mereka akan membuka jalan bagi pengalaman virtual reality (VR) yang lebih baik. Vision Pro merupakan headset yang menawarkan cara unik untuk berinteraksi dengan VR. Dengan menggabungkan pelacakan mata dan gerakan jari ‘look and pinch’. Namun, sistem ini tidak sepenuhnya kompatibel dengan WebXR, yang merupakan standar web untuk menjalankan pengalaman VR langsung dari browser.

Baca juga: Soul Covenant Akan Hadir Bulan April!

Untuk mengatasi hal ini, Apple merilis VisionOS versi 1.1 yang mencakup mode input baru bernama ‘transient-pointer’ untuk kemampuan WebXR di Safari. Mode ini memungkinkan headset Vision Pro mengirimkan input ke aplikasi WebXR secara standar, sehingga developer dapat memahami interaksi pengguna di dalam sesi VR. Mode transient-pointer mengungkapkan arah pandangan pengguna dan posisi gerakan pinch saat pengguna melakukan interaksi, tetapi tidak melaporkan informasi terkait pose atau posisi tangan secara terus-menerus.

Dengan adanya transient-pointer, aplikasi WebXR dapat menyesuaikan interaksi mereka dengan Vision Pro. Saat pengguna melakukan gerakan pinch, aplikasi dapat melihat arah pandangan dan posisi pinch untuk menentukan kapan dan di mana pengguna melakukan input. Selama gerakan pinch berlangsung, posisi pinch terus diperbarui, memungkinkan interaksi seperti menarik, mendorong, dan menarik objek. Namun, setelah gerakan pinch dilepaskan, aplikasi tidak lagi memiliki akses terhadap arah pandangan atau lokasi tangan pengguna.

Dukungan WebXR untuk Vision Pro Masih Dalam Tahap Eksperimental!

Meskipun dukungan WebXR untuk Vision Pro masih dalam tahap eksperimental, developer dapat mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan lanjutan Safari di headset. Selain itu, developer juga dapat mencoba fitur transient-pointer dan menggunakan simulator VisionOS. Mode transient-pointer ini sedang diintegrasikan ke dalam standar WebXR dan akan memungkinkan perangkat lain yang mengadopsi mode input serupa untuk mengakses kemampuan yang sama.

Baca juga: Mannequin, Game Prop Hunt Kini Telah Membuka Open Alpha!

Dengan penambahan dukungan Vision Pro ke dalam WebXR, Apple memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan teknologi VR. Hal ini akan memperluas aksesibilitas VR dan meningkatkan pengalaman pengguna. Pengguna Vision Pro dapat menikmati pengalaman VR yang lebih intuitif dan responsif, sambil menjelajahi dunia virtual langsung dari browser web.

Sumber

Sekai Joucho

Penggemar Virtual Singer Isekai Joucho sekaligus penggemar grup musik V.W.P (Virtual Witch Phenomenon) beserta anggotanya yang dibawah naungan Kamitsubaki Studio.

Related Articles

Back to top button