GameNewsTechnologyVirtual Reality

PlayStation VR2 Hadirkan Adapter PC VR Sebesar $60

Adapter Baru PlayStation VR2 Memungkinkan Pengguna Menikmati Game VR di PC dengan Harga Terjangkau

PlayStation VR2 siap merilis adapter PC VR terbaru mereka pada tanggal 7 Agustus 2024. Adapter ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan headset PlayStation VR2 sebagai perangkat VR di PC, dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu $60 atau sekitar €60 / £50. Adapter ini akan tersedia melalui PlayStation Direct dan beberapa pengecer terpilih.

Baca juga : Meta Connect 2024: Pameran Teknologi AR dan VR Terbaru

Adapter ini mengambil kabel USB-C tunggal dari headset di satu sisi, dan memiliki kabel USB-A tetap untuk PC, port DisplayPort untuk kartu grafis, serta port ketiga yang kemungkinan digunakan untuk daya dari soket. Perlu dicatat, pengguna harus menyediakan kabel DisplayPort sendiri, karena tidak termasuk dalam paket adapter. Selain itu, koneksi Bluetooth diperlukan untuk menghubungkan controller PSVR 2 Sense.

PlayStation VR2: Spesifikasi Minimum yang Direkomendasikan

Adapter ini mendukung kartu grafis NVIDIA GTX 1650 atau AMD RX 5500XT atau yang lebih baru. Namun, Sony merekomendasikan setidaknya menggunakan RTX 3060 atau RX 6600XT untuk kinerja yang optimal. Seperti biasanya dalam dunia gaming PC, kebutuhan kinerja akan sangat bervariasi tergantung pada judul game yang dimainkan.

Baca juga : X8, VR Hero Shooter dengan Social Hub

Untuk menggunakan PSVR 2 di PC, pengguna perlu mengunduh aplikasi khusus PlayStation VR2 PC yang mencakup driver SteamVR dan memungkinkan pengaturan batasan keamanan dalam mode passthrough, serupa dengan yang ada di konsol PlayStation 5. Meskipun fitur unggulan seperti pelacakan mata, HDR, getaran headset, pemicu adaptif, dan haptik presisi pada controller tidak tersedia, getaran reguler tetap didukung. Driver Sony juga akan memungkinkan rendering foveated tetap, di mana tepi gambar dirender pada resolusi lebih rendah daripada bagian tengah.

Keunggulan Dibanding Headset VR Lain

Adapter ini menjadikan PlayStation VR2 sebagai satu-satunya headset VR terbaru yang mampu digunakan di PC dengan panel OLED yang memiliki pelacakan bawaan dan dilengkapi dengan controller, serta menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau. Panel OLED PSVR 2 menyediakan warna hitam sejati dan kontras serta warna yang jauh lebih superior dibandingkan dengan headset LCD, meskipun memiliki kekurangan berupa pola noise tetap yang tidak seragam di seluruh layar, yang disebut mura.

Dengan hadirnya adapter ini, PlayStation VR2 menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin menikmati pengalaman VR berkualitas tinggi di PC, terutama karena headset ini saat ini sedang didiskon sebesar $100, membuatnya bisa didapatkan hanya dengan $450.

Sumber 

Sekai Joucho

Penggemar Virtual Singer Isekai Joucho sekaligus penggemar grup musik V.W.P (Virtual Witch Phenomenon) beserta anggotanya yang dibawah naungan Kamitsubaki Studio.

Related Articles

Back to top button