NewsTechnologyVirtual Reality

HalfDive Perangkat VR Seperti Di Anime SAO

Ini dia headset untuk kita para pengguna VR yang malas.

Perusahaan Jepang Diver-X baru-baru ini meluncurkan HalfDive, headset VR unik yang dimaksudkan untuk digunakan di tempat tidur sambil berbaring. Perangkat ini menggunakan berbagai fitur, termasuk sistem audio 3D yang unik, umpan balik haptic yang imersif, dan sistem kontrol yang khas.

Jika Anda pernah menonton anime Jepang Sword Art Online yang populer , maka HalfDive pasti sudah tidak asing lagi. Pemain berbaring telentang dan menyandarkan kepala di alas yang empuk sebelum memasang ke headset yang terpasang. HalfDive menampilkan bidang pandang 134 derajat dan resolusi 3200×1440 pada 90Hz. Karena Anda berbaring telentang, gerakan kepala dibatasi, yang menjelaskan 4,5 derajat kebebasan yang sangat terbatas.

HalfDive
Kredit Gambar: Diver-X

Selain tampilan yang unik, HalfDive menyertakan sistem audio khusus yang terdiri dari empat speaker yang tersebar di seluruh headset. Untuk sensasi lebih mendalam, headset ini juga dilengkapi sistem umpan balik getaran yang mampu mensimulasikan segala sesuatu mulai dari suara tembakan dan langkah kaki hingga berbagai suara lingkungan lainnya. Bahkan ada umpan balik angin yang didukung oleh dua kipas built-in.

Sedangkan untuk kontrol, pemain berinteraksi dengan dunia dalam game menggunakan sepasang sensor yang dipasang di dasar kaki mereka. Dengan menyesuaikan kemiringan pergelangan kaki mereka, mereka dapat mengontrol avatar mereka saat berbaring. Ke depan, Diver-X berencana untuk memasukkan dukungan untuk pengontrol tangan. Perusahaan juga mereferensikan modul umpan balik kekuatan berbasis kawat unik yang mampu mensimulasikan resistensi, meskipun informasinya masih sedikit saat ini. Saat diluncurkan, HalfDive akan kompatibel dengan semua aplikasi SteamVR dengan dukungan untuk lighthouse tracking.

HalfDive
Kredit Gambar: Diver-X

Berikut adalah rincian lengkap dari spesifikasi HalfDive (seperti yang disediakan oleh Diver-X):

  • Derajat Kebebasan: 4.5dof
  • Sistem optik: Sistem optik asli menggunakan 10 lensa. Fitur varifokal didukung.
  • Bidang pandang: 134 derajat
  • Resolusi: 1600 x 1440 piksel per mata (gabungan 3200 × 1440 piksel)
  • Tingkat penyegaran: >=90hz
  • Penyesuaian IPD gaya panggil: 58-82mm
  • Audio: Sistem suara yang imersif menggunakan 4 speaker
  • Pengontrol: Dua pengontrol tangan/kaki
  • Pelacakan: Sistem emulasi gerakan yang didukung Mercusuar / Avatar menggunakan pengontrol kaki
  • Kamera: Sistem overlay keyboard
  • Antarmuka: DisplayPort 1.2 / USB3.0 / jack audio 3.5mm / sumber daya 12V / I2C (koneksi modul)
  • Platform: Semua aplikasi SteamVR didukung
  • SDK: Unity (fitur yang didedikasikan untuk VRChat) / Unreal Engine
HalfDive
Kredit Gambar: Diver-X

Kickstarter resmi untuk headset akan diluncurkan November ini. Model dasar akan berharga sekitar $700, diikuti oleh set lengkap seharga $1.100 dan model lensa varifocal seharga $3.900.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi di sini .

Mamat Rosenthal

Halo Mamat disini, seorang wibu yang sudah lama tertarik dengan Vtuber terutama Hololive dan tepatnya Aki Rose. Disaat senggang menjelajahi dunia teknologi dan VR dan menulis lagu rock. Saya juga ingin menyampaikan jika bahwasanya saya dapat melakukan sulap kartu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button