NewsTechnologyVirtual Reality

ANYCOLOR Angkat Bicara Terkait Selen Tatsuki: Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Dalam Sebuah Video Pernyataan, CEO ANYCOLOR Inc. Meminta Maaf Atas Kontroversial Akhir-Akhir ini, Simak Pernyataannya yang telah Kami Rangkum

Awal bulan Februari 2024, komunitas VTuber (Virtual Youtuber) dikejutkan dengan kabar pemberhentian kontrak salah satu talent NIJISANJI EN. Setelah selang beberapa waktu tidak aktif di YouTube dan sosial media, Selen Tatsuki dinyatakan telah dikeluarkan dari agensi VTuber tersebut. Isi dari surat pengumuman serta reaksi dari para talent NIJISANJI EN lain menimbulkan pro dan kontra di sosial media.

Berbagai pro-kontra muncul dari dugaan tindakan perundungan hingga pelanggaran kontrak yang melibatkan Selen Tatsuki. Di tengah kontroversi tersebut, pihak ANYCOLOR Inc. selaku induk perusahaan memberikan pernyataan yang tak kalah kontroversial. Disebutkan bahwa kejadian yang menimpa Selen adalah hal yang tidak terlalu berdampak (negligible) bagi perusahaan.

Pernyataan Resmi Setelah Satu Pekan Tanpa Suara

Sejak kabar pemutusan kontrak Selen Tatsuki diumumkan dan pro-kontra terjadi, pihak NIJISANJI EN dan para talent liver lainnya tidak memberikan kabar lanjutan. Bahkan event turnamen game yang harusnya diadakan pada tanggal 11 Februari 2024 juga diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Setelah satu pekan diam tanpa suara, akhirnya pihak NIJISANJI EN angkat bicara.

Pada pagi hari tanggal 13 Februari 2024 (waktu Indonesia), salah satu talent liver NIJISANJI EN bernama Elira Pendora mengadakan siaran langsung. Dalam siaran bertajuk “A Message from NIJISANJI EN” (Pesan dari NIJISANJI EN) tersebut, Selen mengajak dua talent lainnya yaitu Vox dan Ike. Ketiganya memberikan keterangan atas situasi yang terjadi dibalik keputusan pemecatan Selen.

Dalam siaran langsung berdurasi 15 menit tersebut, masing-masing dari mereka menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Disebutkan bahwa dalam kasus MV di bulan Desember, pihak manajemen menarik video tersebut dari peredaran untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan ini dilakukan atas adanya penampilan dari mantan liver lain, sehingga manajemen perlu melakukan koordinasi internal. Manajemen akan kembali merilis video tersebut setelah koordinasi selesai dilakukan.

 

Adanya Perbedaan Paham antara Selen dan Manajemen Internal

Namun disebutkan bahwa Selen memilih ambil tindakan seorang diri tanpa mengindahkan arahan manajemen. Hal ini diperkuat dengan bukti transkrip pembicaraan internal Selen dengan manajemen yang ditampilkan di siaran langsung tersebut.

Vox dan Ike pun menambahkan bahwa tindakan ini sudah terjadi beberapa kali. Di mana Selen diminta untuk menunggu arahan namun ia memilih ambil tindakan seorang diri. Mereka juga menambahkan bahwa pihak pengacara dari Selen Tatsuki memiliki alat bukti yang berisi informasi rahasia perusahaan yang rentan dibocorkan.

Terkait dugaan perundungan, dalam siaran langsung tersebut disebutkan bahwa para liver dan manajemen justru peduli terhadap Selen. Namun berbagai tindakan yang ada justru dianggap sebagai tindakan yang menyudutkan Selen dan diartikan sebagai perundungan. Atas kejadian ini para liver yang ada merasa kaget dan kecewa karena merasa telah disalah artikan.

Video tersebut diakhiri dengan pesan dari Elira, Vox, dan Ike untuk para fans agar tidak melakukan perundungan kepada pihak Selen maupun pihak lainnya. Mereka juga menambahkan bahwa pesan yang disampaikan mungkin akan dianggap berbeda dan mereka telah berkoordinasi dengan pengacara terkait siaran langsung tersebut. Selain itu disebutkan juga akan ada video lanjutan dari CEO Riku Tazumi terkait hal ini.

Fans Kembali Tersulut

Alih-alih memberikan kejelasan, pernyataan dari Elira, Vox dan Ike justru kembali menyulut para fans. ANYCOLOR Inc. dan NIJISANJI EN dianggap tidak profesional karena meminta talent untuk memberikan pernyataan. Selang beberapa jam, sesuai ucapan Elira, CEO ANYCOLOR Inc. Riku Tazumi memberikan video pernyataan lanjutan.

Dalam video pernyataan tersebut, CEO ANYCOLOR Inc., Riku Tazumi, akan mengungkapkan pandangannya terhadap kekhawatiran yang muncul akibat pengakhiran kontrak Selen Tatsuki. Video ini ditujukan kepada penggemar NIJISANJI EN dan semua yang mendukung industri VTuber. CEO ANYCOLOR Inc. tersebut juga meminta maaf atas kesalahpahaman yang terjadi akibat pemberitahuan yang dipublikasikan pada tanggal 7 Februari.

Pemberitahuan tersebut sebelumnya telah memunculkan pertanyaan dari para investor mengenai dampak pengakhiran kontrak Selen terhadap kinerja perusahaan. Namun, penggunaan kata “negligible” dalam pemberitahuan tersebut membuat penggemar merasa bahwa Perusahaan tersebut meremehkan dampak pengakhiran kontrak Selen. CEO ANYCOLOR Inc. menyesali hal ini dan berjanji untuk memperbaiki komunikasi dalam bahasa Inggris agar lebih tepat.

CEO ANYCOLOR Inc. Berkomitmen Untuk Memberikan Dukungan Penuh

Selain itu, CEO ANYCOLOR Inc. juga mengakui kekhawatiran terkait lingkungan yang aman bagi para Livers untuk menjaga kesehatan mental mereka. Perusahaan secara tulus meminta maaf kepada para Livers dan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh. Mereka akan mengimplementasikan sistem internal yang baru untuk memastikan para Livers dapat melanjutkan aktivitas Streaming mereka sambil menjaga kesejahteraan mereka. ANYCOLOR Inc. berjanji untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik dengan memperkuat sistem pelaporan dan penyelesaian masalah yang lebih efektif.

Baca juga: Selen Tatsuki, VTuber dari Nijisanji EN Dipecat!

CEO ANYCOLOR Inc. juga membahas kekhawatiran terkait dukungan yang diberikan kepada NIJISANJI EN. Perusahaan mengakui bahwa sebelumnya belum ada program resmi yang tersedia, tetapi mereka telah merekrut dan memperkuat Tim EN untuk menyediakan konten yang lebih baik. ANYCOLOR Inc. Diketahui juga telah memulai beberapa proyek baru yang masih dalam proses untuk memperbaiki penawaran konten NIJISANJI EN. Perusahaan berkomitmen untuk melakukan segala yang mereka bisa untuk mendukung NIJISANJI EN dan memenuhi harapan penggemar.

CEO ANYCOLOR Inc. juga menyampaikan permintaan maaf tidak hanya atas peristiwa terbaru, tetapi juga atas masalah-masalah sebelumnya. Mereka berjanji untuk melindungi para Livers yang merupakan aset tak ternilai bagi perusahaan. ANYCOLOR Inc. berkomitmen untuk menciptakan dan mempertahankan lingkungan yang mendukung kesuksesan para Livers dalam berkarya. Ia juga menyampaikan permintaan maaf kepada semua yang telah mendukung para Livers dan memastikan bahwa perusahaan akan melakukan segala yang mereka bisa untuk menciptakan dan mempertahankan lingkungan yang mendukung kesuksesan para Livers dalam berkarya.

Baca juga: HYTE Memutuskan Kerjasama dengan NIJISANJI

Dengan komitmen dan langkah-langkah yang diambil oleh ANYCOLOR Inc., diharapkan masalah-masalah yang muncul dapat diatasi dengan baik, dan para Livers dapat terus berkarya dengan aman dan sukses. Penggemar NIJISANJI EN juga diharapkan dapat terus memberikan dukungan mereka kepada para Livers dan perusahaan dalam menghadapi tantangan yang ada.

Sumber

Sekai Joucho

Penggemar Virtual Singer Isekai Joucho sekaligus penggemar grup musik V.W.P (Virtual Witch Phenomenon) beserta anggotanya yang dibawah naungan Kamitsubaki Studio.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button