NewsTechnologyVirtual Reality

Metaverse Productions Sediakan Data 3D Gunkanjima

Inovasi Metaverse Productions: Data 3D Gunkanjima sebagai Latar Belakang Virtual untuk Produksi Visual yang Tak Terlupakan

Metaverse Productions, perusahaan terkemuka di industri metaverse, telah mengumumkan langkah inovatif terbarunya. Mulai tanggal 5 Juli, perusahaan ini akan menyediakan data 3D dari situs warisan dunia Gunkanjima sebagai latar belakang virtual dalam produksi visual. Kolaborasi ini dengan proyek HERITAGE DATABANK bertujuan untuk melestarikan warisan budaya Gunkanjima melalui penggunaan teknologi terkini.

Baca juga: OMEN Berkolaborasi Dengan AIVTuber, Tsumugi Nen

Gunkanjima, atau dikenal juga sebagai “Pulau Kapal Perang,” terletak sekitar 18 kilometer di barat daya Pelabuhan Nagasaki. Pulau ini memiliki sejarah yang kaya sebagai pusat pertambangan batu bara laut dan merupakan salah satu simbol modernisasi Jepang pada era Meiji. Bangunan bertingkat tinggi pertama yang menggunakan beton bertulang untuk penduduk dibangun di pulau ini. Pada tahun 2015, Gunkanjima didaftarkan sebagai bagian dari Situs Warisan Industri Meiji Jepang.

Pelestarian Gunkanjima dalam Era Virtual

Meskipun Gunkanjima sekarang menjadi tujuan wisata yang populer, tantangan pelestariannya tidak bisa diabaikan. Bangunan yang tidak dihuni dan berhenti beroperasi sejak tahun 1974 menghadapi masalah perawatan dan pemeliharaan. Namun, dengan adanya kolaborasi antara Metaverse Productions dan HERITAGE DATABANK, Gunkanjima akan diabadikan dalam bentuk data 3D yang dapat digunakan sebagai latar belakang virtual dalam produksi visual.

Baca juga: nizima: Pasar Live2D untuk Pesanan Kustom

Data 3D Gunkanjima yang telah diarsipkan dengan menggunakan mesin Unreal Engine akan tersedia melalui layanan PX yang ditawarkan oleh Metaverse Productions. Data ini akan kompatibel dengan teknik fotografi VFX yang memungkinkan penggunaannya sebagai latar belakang dalam produksi visual. Sebagian dari pendapatan yang diperoleh akan disumbangkan kembali kepada Kota Nagasaki untuk mendukung upaya pelestarian Gunkanjima.

Melalui inovasi ini, Metaverse Productions berharap dapat memperluas layanan PX-nya dan bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan organisasi dalam menciptakan pilihan baru dalam produksi visual. Dalam era metaverse yang semakin berkembang, penggunaan data 3D Gunkanjima sebagai latar belakang virtual akan membawa pengalaman visual yang menakjubkan dan memungkinkan kalian untuk menjelajahi keindahan Gunkanjima melalui produksi virtual yang memukau.

HERITAGE DATABANK adalah proyek yang bertujuan untuk mengabadikan dan melestarikan kekayaan alam dan budaya dunia dalam bentuk arsip digital. Kolaborasi dengan Metaverse Productions dalam menyediakan data 3D Gunkanjima sebagai latar belakang virtual merupakan langkah inovatif dalam menjaga keaslian dan sejarah situs warisan ini. Dalam mengembangkan teknologi metaverse dan web 3.0, kalian dapat merasakan potensi yang lebih besar dalam bidang pariwisata dan hiburan.

Sumber

Sekai Joucho

Penggemar Virtual Singer Isekai Joucho sekaligus penggemar grup musik V.W.P (Virtual Witch Phenomenon) beserta anggotanya yang dibawah naungan Kamitsubaki Studio.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button