Augmented realityNewsTechnologyVirtual Reality

Sony Ungkap Headset MR Layar OLED “4K” dan Kontroler Unik

Sony Ungkap Headset MR Standalone dengan Layar OLED "4K" dan Kontroler Unik untuk Kreativitas 3D yang Lebih Memikat

Sony baru-baru ini mengungkapkan headset MR Standalone terbaru mereka yang dilengkapi dengan layar OLED “4K” dan kontroler unik. Headset ini belum memiliki nama resmi, namun perusahaan tersebut mengatakan bahwa headset ini ditujukan untuk para kreator yang membangun konten 3D dan akan diluncurkan tahun ini.

Spesifikasi Headset MR Sony Dengan Layar OLED

Headset MR Standalone dari Sony didasarkan pada prosesor XR2+ Gen 2 dari Qualcomm dan dilengkapi dengan mikrondisplays OLED “4K” berukuran 1,3 inci. Saat ini belum jelas apakah Sony mengacu pada resolusi 16MP (4.000 x 4.000) per mata atau sesuatu yang lain, namun mengingat XR2+ Gen 2 dapat mendukung dua layar dengan resolusi hingga 18,5MP (4.100 x 4.100) masing-masing, kemungkinan besar demikian. Kami telah menghubungi perusahaan ini untuk memperoleh klarifikasi lebih lanjut.

Baca juga: Wi-Fi 7: Latensi Hampir Nol untuk Pengalaman VR Tanpa Kabel

Headset MR Sony layar OLED dilengkapi dengan fitur video passthrough, visor yang dapat diangkat, dan sepasang kontroler yang sangat unik. Namun, “sepasang” mungkin bukan kata yang tepat karena keduanya sangat berbeda. Salah satunya adalah kontroler berbentuk penunjuk yang dikendalikan dengan jari telunjuk. Selanjutnya adalah perangkat berbentuk cincin kecil yang dikendalikan dengan ibu jari.

Fokus pada Kreativitas 3D

Fokus pada Kreativitas 3D

Sony mengarahkan headset layar OLED ini kepada para kreator 3D, dengan menyebutnya sebagai cara yang lebih superior untuk berinteraksi. Lalu dapat juga menciptakan konten 3D seperti model, arsitektur, dan tinjauan desain. Mereka bekerja sama erat dengan Siemens untuk membuat perangkat lunak NX CAD perusahaan tersebut kompatibel dengan headset ini.

Baca juga: Unknown DIVA, Album Terbaru Dari Amane Kanata

Meskipun OS headset dengan layar OLED ini kemungkinan akan berbasis Android, belum jelas jenis lapisan OS apa yang akan dibangun oleh Sony atau seberapa fleksibelnya akan menjadi. Pertanyaan yang muncul adalah apakah headset ini akan kompatibel dengan OpenXR atau dirancang hanya untuk bekerja dengan implementasi propietary saja. Harga headset MR Sony belum diumumkan, tetapi perusahaan mengatakan bahwa tanggal rilis akan diumumkan pada tahun ini.

Sumber

Sekai Joucho

Penggemar Virtual Singer Isekai Joucho sekaligus penggemar grup musik V.W.P (Virtual Witch Phenomenon) beserta anggotanya yang dibawah naungan Kamitsubaki Studio.

Related Articles

Back to top button