NewsTechnologyVirtual WorldVtuber

Chronos, Lagu Yang Dicover Oleh Ike Eveland Dibajak di Spotify

Pemilik Lisensi Versi Lagu “Chronos” Yang Dicover Oleh Ike Eveland Ungkap Kekesalan karena Lagunya Dibajak dan Diunggah tanpa Izin di Spotify

Pemilik lisensi lagu “Chronos”, yakni Cepheid, baru-baru ini mengungkapkan kekesalannya di Twitter. Lagunya yang telah dicover oleh talent Nijisanji, yakni “Ike Eveland”, ternyata telah diunggah di platform Spotify tanpa izin dan sepengetahuannya.

Lagu “Chronos” yang telah dicover oleh talent Nijisanji, Ike Eveland, diunggah pada tanggal 4 Mei 2022 dan berhasil mendapatkan 5,5 juta tayangan di YouTube. Kalian juga dapat mendengarkan beberapa cover lainnya dari Ike Eveland di kanal youtubenya. Berikut versi cover lagu “Chronos” oleh Ike Eveland:

Lagu “Chronos” Yang Dicover Ike Eveland Tanpa Izin Diunggah dalam Bentuk Podcast di Spotify

Sayangnya, lagu cover ini diunggah dalam bentuk podcast di Spotify, sehingga sulit untuk dilakukan takedown atau penghapusan konten tersebut. Hal ini dikarenakan dalam platform podcast, siapa pun dapat mengunggah konten tanpa adanya sensor atau verifikasi sebelumnya.

Baca juga: Usada Pekora Hadir di PUBG MOBILE Jepang

Pemilik uploader yang memuat lagu cover tersebut telah teridentifikasi, dan ia ternyata adalah seorang penggemar Nijisanji. Informasi lebih lanjut tentang pemilik uploader tersebut dapat ditemukan di tautan berikut:

Tidak hanya lagu “Chronos”, pemilik uploader tersebut juga telah mengunggah banyak cover lagu lainnya dari Nijisanji, dan informasi lengkapnya dapat ditemukan di tautan berikut:

Pemilik Lisensi Lagu Berupaya Menghubungi Nijisanji

Saat ini, pemilik lagu “Chronos” sedang berusaha menghubungi pihak Nijisanji untuk meminta bantuan dalam menghapus konten cover yang tidak memiliki izin tersebut. Tentu saja, ini adalah situasi yang mengejutkan dan memprihatinkan bagi pemilik lisensi lagu dan talent Nijisanji.

Hal ini juga menunjukkan bahwa dalam platform podcast seperti Spotify, perlu adanya mekanisme yang lebih ketat dalam melakukan verifikasi dan pengawasan konten yang diunggah. Dalam kasus ini, pemilik lisensi lagu merasa dirugikan karena lagunya diunggah tanpa izin. Tentunya hal tersebut mengurangi penghasilan dan hak-hak mereka sebagai kreator musik.

Baca juga: HTC Vive XR Elite: Pelacak Wajah Canggih!

Pihak terkait diharapkan dapat segera menangani masalah ini dengan bijaksana dan menemukan solusi yang adil bagi semua pihak yang terlibat. Hukum hak cipta dan perlindungan terhadap karya kreatif harus ditegakkan secara tegas agar hak-hak para kreator dan pemilik lisensi tetap terjamin.

Demikianlah berita mengenai marahnya pemilik lisensi lagu “Chronos” karena lagunya yang dicover oleh talent Nijisanji dibajak dan diunggah tanpa izin di Spotify. Semoga masalah ini dapat segera diselesaikan dengan baik. Tentunya juga dapat memberikan pembelajaran bagi semua pihak terkait mengenai pentingnya menjaga hak cipta dan menghormati karya orang lain.

Sekai Joucho

Penggemar Virtual Singer Isekai Joucho sekaligus penggemar grup musik V.W.P (Virtual Witch Phenomenon) beserta anggotanya yang dibawah naungan Kamitsubaki Studio.

Related Articles

Back to top button